Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diam-diam Mendiang Ciputra Ternyata Ikut Andil Melatih Buruh Migran

Begawan properti, Ciputra yang akrab dipanggil Pak Ci itu berpesan untuk melatih entrepreneurship kepada orang-orang yang kerap kali dianggap rendah oleh masyarakat.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 28 November 2019  |  17:35 WIB
Jenazah almarhum Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan pada 5 Desember 2019 di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol JIBI/Bisnis - Nurul Hidayat
Jenazah almarhum Ciputra disemayamkan di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan. Jenazah akan dimakamkan pada 5 Desember 2019 di pemakaman keluarga di kawasan Jonggol JIBI/Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Sosok mendiang Ciputra memiliki impian untuk dapat menciptakan lebih banyak entrepreneur di Indonesia.

Senior Direktur Grup Ciputra Tanan Herwandi Antonius menceritakan sosok Ciputra yang ingin membantu orang-orang tidak mampu lewat entrepreneurship (kewirausahaan).

Suatu kali, Antonius menemani almarhum untuk melakukan wawancara dengan salah satu media nasional. Saat itu, almarhum diperlihatkan upaya buruh migran di Malaysia yang mencoba melarikan diri dari sebuah gedung.

Melihat perjuangan buruh migran tersebut, Ciputra nampak menitikkan air mata. Sejak itu, ia memutuskan untuk melatih buruh migran hingga sekarang.

"Kami membantu pengembangan pemberdayaan buruh migran di Singapura, Malaysia, Hong Kong sudah 8 tahun," ujar Antonius di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Antonius juga mengungkapkan bahwa begawan properti yang akrab dipanggil Pak Ci itu berpesan padanya untuk melatih entrepreneurship kepada orang-orang yang kerap kali dianggap rendah oleh masyarakat.

"Saya terkejut. Dia mengatakan kamu harus bisa membantu melalui entrepreneurship mantan PSK (pekerja seks komersial) yang sudah tua. Dia membicarakan ini terus menerus menunjukkan bahwa ini penting untuk dia, bahwa rakyat jelata, orang-orang menderita ada di hati beliau," ungkap Antonius.

Ciputra, katanya, ingin agar lebih banyak orang Indonesia yang mendapat masa depan yang lebih cerah lewat entrepreneurship.

Adapun kontribusi nyata Ciputra dalam menularkan semangat entrepreneurship juga diwujudkan melalui pendidikan dengan mendirikan sejumlah sekolah dan universitas.

Tercatat Ciputra telah mendirikan empat universitas dan 16 sekolah. Lembaga pendidikan milik Ciputra hingga sekarang telah mendidik dan meluluskan lebih dari 100 ribu orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputra buruh migran
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top