Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manusrkip Karya Charlotte Bronte Terjual Miliaran Rupiah

Sebuah miniatur manuskrip yang dibuat pada 1830 oleh remaja bernama Charlotte Bronte terjual seharga US$826.446 atau sekitar Rp11 miliar dalam pelelangan di rumah lelang Drouot, Paris, Prancis.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah miniatur manuskrip yang dibuat pada 1830 oleh remaja bernama Charlotte Bronte terjual seharga US$826.446 atau sekitar Rp11 miliar dalam pelelangan di rumah lelang Drouot, Paris, Prancis.

Dilansir dari Reuters, Senin (18/11/2019), pembelian itu dilakukan oleh Bronte Parsonage Museum yang berbasis di rumah masa kecil Bronte di Haword, Yorkshire Barat, Inggris.

Bronte menulis manuskrip itu saat berusia 14 tahun. Manuskrip itu kecil. Ukurannya bahkan tidak lebih dari korek api.

Di dalam manuskrip itu terdapat lebih dari 4.000 kata-kata yang ditulis kecil dan dilapisi dengan sampul kertas cokelat.

Naskah Bronte itu terdiri dari cerita-cerita dari kumpulan tokoh Glass Town, sebuah dunia imajiner yang diciptakan Bronte bersama saudara perempuannya, Emily dan Anne.

Dench, pelaku teater dan film Inggris serta presiden kehormatan Bronte Society, mengatakan bahwa pembelian itu merupakan hasil urunan dari masyarakat di Haword yang ingin membawa pulang buku kecil itu.

Dari urunan tersebut, museum berhasil mengumpulkan 84.892 poundsterling, melebihi target yang ditetapkan. Sumbangan itu juga menambah dana yang sudah dikumpulkan dari sumber lain yang ikut menyumbang.

Total, Bronte menulis enam buku kecil, di mana lima buku diketahui selama dan telah dipegang oleh museum.

Bronte yang juga menulis novel berjudul Jane Eyre (1847) dan Villette (1853), meninggal pada 1855.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper