Pelaku Bom Bunuh Diri Sempat Jadi "Youtuber"

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan bahwa tersangka juga memiliki channel Youtube dan mengupload video sebanyak dua kali di Channel tersebut. Dedi menjelaskan bahwa pelaku adalah seorang lone wolf yang tidak memiliki organisasi secara langsung dengan kelompok teroris tertentu.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 13 November 2019  |  16:43 WIB
Pelaku Bom Bunuh Diri Sempat Jadi
Polisi berjaga setelah terjadi aksi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumut, Rabu (13/11/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polri mengungkapkan bahwa pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan bernama RMN (24), yang beralamat di Jalan Jangka, Sei Putih Barat, Medan Petisah, Sumatra Utara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan bahwa tersangka juga memiliki channel Youtube dan mengupload video sebanyak dua kali di Channel tersebut. Dedi menjelaskan bahwa pelaku adalah seorang lone wolf yang tidak memiliki organisasi secara langsung dengan kelompok teroris tertentu.

"Dari hasil sidik jari yang ditemukan di TKP, pelaku diketahui berinisial RMN," tutur Dedi, Rabu (13/11/2019).

Menurut Dedi, Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror tengah menyelidiki jaringan tersangka, kendati berdasarkan penyidikan awal, pelaku tidak terafiliasi dengan jaringan teroris mana pun.

"Pelaku ini melakukan aksi terorisme secara lone wolf," kata Dedi.

Berdasarkan informasi yang diterima, RMN, terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan adalah pria kelahiran 11 Agustus 1995. 

Melalui pantauan CCTV Polrestabes Medan terlihat bahwa pelaku mengenakan atribut salah satu ojek online. Kendati begitu, hingga saat ini pihak kepolisian belum mengungkapkan motif pelaku bunuh diri.

Jika dilihat dari sisi usia, RMN adalah bagian dari Generasi Z, yakni mereka yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1995 sampai 2010

Menurut teori ilmu sosiologi, seperti ditulis Wikipedia, Generasi Z (Generasi Centennial) adalah generasi setelah Generasi Y (Generasi Milennial). Generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa diantaranya merupakan keturunan dari Generasi X dan Y.

Generasi Z disebut juga sebagai iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan Generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset.

Apa pun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

Generasi Z di Indonesia juga sering disebut sebagai Generasi Micin karena serba instan.

Berdasar penelusuran di Internet, RMN memperlihatkan tipologi Generasi Z atau Generasi Micin ini. RMN memiliki saluran youtube sendiri yang mencerminkan bahwa dia tidak gagap dengan internet dan dunia maya.

Tak hanya itu, jika dilihat dari salah satu unggahan di saluran Youtube, RMN tampak memiliki selera humor. Terlihat dia memparodikan kondisi banjir di daerahnya dengan mewawancarai dua temannya yang seolah olah berperan sebagai pejabat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bom bunuh diri, Polrestabes medan

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top