Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asean dan China Sepakat Atasi Konflik Demi Kemajuan Ekonomi

Para pemimpin negara di Asia Tenggara beserta China dan kekuatan regional lainnya berjanji untuk mengatasi konflik atas kebijakan perdagangan dan sengketa wilayah demi ekonomi yang lebih kuat dan stabilitas regional.
Ilustrasi/asean.org
Ilustrasi/asean.org

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin negara di Asia Tenggara beserta China dan kekuatan regional lainnya berjanji untuk mengatasi konflik atas kebijakan perdagangan dan sengketa wilayah demi ekonomi yang lebih kuat dan stabilitas regional.

Presiden Donald Trump tidak hadir pada pertemuan puncak para pemimpin Asia Tenggara tersebut. Sebagai gantinya, Trump mengirim penasihat keamanan nasionalnya, Robert O'Brien.

Tahun lalu, Trump mengirim Wakil Presiden Mike Pence, namun keduanya saat ini sibuk berkampanye. 

Para analis mengatakan ketidakhadiran Trump akan meninggalkan ruang bagi China untuk lebih meningkatkan profil dan kekuatannya di wilayah tersebut.

Tuan rumah pertemuan Asean, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, mengatakan kelompok itu bertujuan untuk mencapai kesepakatan dasar tentang program kawasan yang bisa menjadi salah satu blok perdagangan terbesar di dunia.

Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) yang mereka usulkan bertujuan untuk menghilangkan hambatan perdagangan di antara 10 anggota Asean dan enam negara lain dalam satu blok yang mencakup hampir sepertiga dari semua perdagangan global.

Prayuth dan pejabat lainnya mengatakan tujuan RCEP adalah untuk mencapai kesepakatan akhir pada tahun depan. Asean berharap untuk menetapkan kode etik dengan China terkait perairan yang disengketakan di Laut China Selatan, katanya seperti dikutip CNBC.com, Minggu (3/11/2019).

Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan kepada para pemimpin lain yang hadir bahwa Beijing berkomitmen untuk menandatangani perjanjian semacam itu dan akan berperan sentral di kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper