Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Belgia Temukan 12 Migran di Dalam Truk Berpendingin Pengangkut Buah

Ke-12 orang itu ditemukan dalam keadaan hidup dalam sebuah truk di tempat parkir dekat kota Turnhout, Belgia.
Ilustrasi./Reuters-Peter Nicholls
Ilustrasi./Reuters-Peter Nicholls

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Belgia menemukan 12 orang di dalam truk berpendingin di sebuah tempat parkir di dekat kota Turnhout, di utara negara itu, Rabu (30/10/2019) waktu setempat.

Polisi menemukan ke-12 orang itu dalam keadaan hidup setelah pengemudi truk terkait melaporkannya ke aparat berwajib.

Ke-12 orang itu terdiri atas 11 warga Suriah dan 1 dari Sudan. Polisi langsung membawa mereka ke Kantor Imigrasi di Antwerp.

Reuters melansir Kamis (31/10), pengemudi tersebut menelepon polisi ketika menemukan ada orang di dalam truk, yang isi kontainernya berupa buah dan sayuran, saat dia berhenti untuk istirahat.

Surat kabar Belgia De Morgen menyatakan pengemudi truk dan kernetnya merupakan warga Polandia. Mereka menelepon polisi setelah menemukan segel di truk tersebut rusak.

Juru bicara kepolisian menyatakan kantor kejaksaan Antwerp telah membuka penyelidikan atas kasus ini. Investigasi digelar untuk menentukan rute truk tersebut, bagaimana para migran bisa naik ke truk, dan apakah mereka mencoba masuk ke Inggris.

Truk berpendingin seringkali dipilih oleh para migran untuk masuk ke negara lain karena truk semacam itu lebih menyulitkan untuk diperiksa oleh anjing penjaga maupun alat pendeteksi suhu tubuh di pos-pos perbatasan.

Pekan lalu, sebanyak 39 jenazah ditemukan di dalam truk berpendingin di Inggris yang menyeberang dari pelabuhan di Zeebrugge, Belgia. Sebagian jenazah disebut berasal dari Vietnam dan diduga menjadi korban dari jaringan perdagangan manusia skala besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper