Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polisi Belgia Temukan 12 Migran di Dalam Truk Berpendingin Pengangkut Buah

Ke-12 orang itu ditemukan dalam keadaan hidup dalam sebuah truk di tempat parkir dekat kota Turnhout, Belgia.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 31 Oktober 2019  |  09:51 WIB
Ilustrasi. - Reuters/Peter Nicholls
Ilustrasi. - Reuters/Peter Nicholls

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Belgia menemukan 12 orang di dalam truk berpendingin di sebuah tempat parkir di dekat kota Turnhout, di utara negara itu, Rabu (30/10/2019) waktu setempat.

Polisi menemukan ke-12 orang itu dalam keadaan hidup setelah pengemudi truk terkait melaporkannya ke aparat berwajib.

Ke-12 orang itu terdiri atas 11 warga Suriah dan 1 dari Sudan. Polisi langsung membawa mereka ke Kantor Imigrasi di Antwerp.

Reuters melansir Kamis (31/10), pengemudi tersebut menelepon polisi ketika menemukan ada orang di dalam truk, yang isi kontainernya berupa buah dan sayuran, saat dia berhenti untuk istirahat.

Surat kabar Belgia De Morgen menyatakan pengemudi truk dan kernetnya merupakan warga Polandia. Mereka menelepon polisi setelah menemukan segel di truk tersebut rusak.

Juru bicara kepolisian menyatakan kantor kejaksaan Antwerp telah membuka penyelidikan atas kasus ini. Investigasi digelar untuk menentukan rute truk tersebut, bagaimana para migran bisa naik ke truk, dan apakah mereka mencoba masuk ke Inggris.

Truk berpendingin seringkali dipilih oleh para migran untuk masuk ke negara lain karena truk semacam itu lebih menyulitkan untuk diperiksa oleh anjing penjaga maupun alat pendeteksi suhu tubuh di pos-pos perbatasan.

Pekan lalu, sebanyak 39 jenazah ditemukan di dalam truk berpendingin di Inggris yang menyeberang dari pelabuhan di Zeebrugge, Belgia. Sebagian jenazah disebut berasal dari Vietnam dan diduga menjadi korban dari jaringan perdagangan manusia skala besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belgia perdagangan manusia

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top