Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Zainut Tauhid, dari Waketum MUI ke Kursi Wamenag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainud Tauhid mendapatkan tanggung jawab dari Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Agama.
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi

Bisnis.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainud Tauhid mendapatkan tanggung jawab dari Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Agama.

Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu bertugas mendampingi Fachrul Razi di kementerian yang ditinggalkan oleh Lukman Hakim Saifuddin.

Pria kelahiran 20 Juli 1963 ini sudah malang melintang di dunia politik sejak lama. Saat umurnya berusia 25 tahun Dia didapuk sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) selama dua periode.

Lulusan S-1 Universitas Ibnu Chaldun dan S-2 Ilmu Pemerintahan Universitas Satyagama ini mulai masuk dunia politik praktis, bergabung dengan PPP.

Dia juga sempat beberapa kali masuk sebagai Anggota Parlemen. Tercatat, dia pernah menjadi Anggota DPR RI terpilih mewakili Jawa Tengah IX pada periode 1997-1999, 2001-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.

Selama aktif di DPR RI dia berada di komis VIII yang membidangi agama, pemberdayaan perempuan, dan sosial.

Selain sebagai Politikus, Zainut juga dikenal sebagai tokoh agama. Ketkohannya ini membuat dia banyak dipercayai sebagai Anggota Lembaga Sensor Film periode 2009–2012 dan Wakil Sekretaris dari Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) periode 2010–2015.

Dia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI Pusat) hingga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI. Zainut pun pernah masuk sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah di AXA Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper