Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Zainut Tauhid, dari Waketum MUI ke Kursi Wamenag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainud Tauhid mendapatkan tanggung jawab dari Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Agama.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 25 Oktober 2019  |  16:56 WIB
Zainut Tauhid, dari Waketum MUI ke Kursi Wamenag
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainud Tauhid mendapatkan tanggung jawab dari Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Agama.

Politikus senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu bertugas mendampingi Fachrul Razi di kementerian yang ditinggalkan oleh Lukman Hakim Saifuddin.

Pria kelahiran 20 Juli 1963 ini sudah malang melintang di dunia politik sejak lama. Saat umurnya berusia 25 tahun Dia didapuk sebagai Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) selama dua periode.

Baca Juga : Daftar 12 Wamen

Lulusan S-1 Universitas Ibnu Chaldun dan S-2 Ilmu Pemerintahan Universitas Satyagama ini mulai masuk dunia politik praktis, bergabung dengan PPP.

Dia juga sempat beberapa kali masuk sebagai Anggota Parlemen. Tercatat, dia pernah menjadi Anggota DPR RI terpilih mewakili Jawa Tengah IX pada periode 1997-1999, 2001-2004, 2004-2009, dan 2009-2014.

Selama aktif di DPR RI dia berada di komis VIII yang membidangi agama, pemberdayaan perempuan, dan sosial.

Selain sebagai Politikus, Zainut juga dikenal sebagai tokoh agama. Ketkohannya ini membuat dia banyak dipercayai sebagai Anggota Lembaga Sensor Film periode 2009–2012 dan Wakil Sekretaris dari Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) periode 2010–2015.

Dia juga dipercaya sebagai Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI Pusat) hingga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum MUI. Zainut pun pernah masuk sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah di AXA Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top