Golkar Kuasai Posisi ‘Basah’ di Kabinet Indonesia Maju

Meski tidak menjadi pemenang Pemilu 2019, akan tetapi Partai Golkar tampaknya lebih banyak menguasai posisi strategis di jajaran Kabinet Indonesia Maju.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  16:09 WIB
Golkar Kuasai Posisi ‘Basah’ di Kabinet Indonesia Maju
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Meski tidak menjadi pemenang Pemilu 2019, akan tetapi Partai Golkar tampaknya lebih banyak menguasai posisi strategis di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Setidaknya dua Menko yang terkait dengan ekonomi dan investasi dikuasai oleh kader salah satu partai tertua di Indonesia tersebut.

Keduanya adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Jajaran tim ekonomi Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan bekerja di bawah koordinasi dan komando Airlangga Hartarto yang tidak lain adalah Ketua Umum Partai Golkar.

Sedangkan Luhut akan mengkoordinasikan hal-hal yang terkait investasi.

Tentunya para menteri di jajaran ini akan bahu-membahu membangun transformasi ekonomi dalam lima tahun ke depan sebagaimana yang dijanjikan Presiden Jokowi

Seperti diketahui, transformasi ekonomi merupakan prioritas kerja kelima Jokowi-Ma’ruf Amin. Prioritas inilah yang menjadi pekerjaan utama para menteri ekonomi.

Di bawah komando Menko Perekonomian Airlangga,  ada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Eric Thohir, Menteri ESDM Arifin Tasrief, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus Gumiwang juga merupakan politisi kader Golkar yang sebelumnya menduduki posisi Menteri Sosial.

Masih di bawah koordinator Airlangga juga ada sederetan menteri pada posisi ‘basah’ termasuk Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Sedangkan di bawah koordinator LBP ada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, BKPM dan sejumlah badan lainnya yang terkait dengan dunia bisnis maritim dan investasi.

Tidak hanya Airlangga, LBP dan Agus Gumiwanbg, Golkar juga punya kader di jabatan Menpora Zainuddin Amali. Kemenpora berada di bawah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ahmad Muhadjir.

Presiden Jokowi menegaskan agar para menteri itu kerja cepat, kerja keras, dan kerja produktif. Mereka diminta untuk tidak terjebak pada rutinitas monoton, bekerja dengan orientasi hasil nyata, selalu mengecek masalah di lapangan dan menemukan solusinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
partai golkar, Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top