Badan Pengusahaan Kawasan Sabang Akan Bangun Jembatan Antarpulau

Jembatan yang akan dibangun pada 2021 tersebut menghubungkan Pulau Breuh dan Pulau Nasi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 September 2019  |  18:01 WIB
Badan Pengusahaan Kawasan Sabang Akan Bangun Jembatan Antarpulau
Pulau Sabang - Youtube

Bisnis.com, BANDA ACEH — Badan Pengusahaan Kawasan Sabang akan membangun jembatan penghubung antarpulau di Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKS Aceh Razuardi mengatakan bahwa kehadiran jembatan tersebut bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Pulo Aceh.

"Pembangunan jembatan ini untuk meningkatkan akselerasi perekonomian masyarakat. Apalagi, Pulo Aceh ini merupakan kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas Sabang, sama dengan Pulau Weh," kata Razuari, Selasa (24/9/2019).

Jembatan antarpulau yang akan dibangun tersebut menghubungkan Pulau Breuh dan Pulau Nasi yang berada di Arus Lampuyang. Rencananya, jembatan tersebut dibangun pada 2021.

Perencanaan pembangunan Jembatan Aroih (Arus) Lampuyang tersebut sudah direncanakan BKPS sejak pada 2015, termasuk detail engineering design (DED)-nya.

Dari DED, panjang jembatan mencapai 430 meter dengan lebar 9 meter dan ketinggian dari permukaan air laut 50 meter. Konstruksi jembatan rangka baja dengan teknologi super struktur pelengkung baja kelas A.

"Biaya yang dibutuhkan untuk membangun jembatan Arus Lampuyang ini mencapai Rp250 miliar. Itu tidak termasuk pembangunan jalan menuju jembatan," kata Razuardi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jembatan, sabang

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top