Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Berhasil Dorong Resolusi Baru untuk Afganistan

Diplomasi Indonesia kembali berhasil di Dewan Keamanan PBB, setelah sukses fasilitasi kesepakatan Resolusi 2489 mengenai peran Misi PBB di Afghanistan.
Kahfi
Kahfi - Bisnis.com 18 September 2019  |  19:12 WIB
Gedung PBB - Antara
Gedung PBB - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia kembali berhasil meloloskan perpanjangan United Nations Mission in Afganistan atau UNAMA hingga 17 September 2020.

Dian Triansyah Djani, Wakil tetap Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengatakan perpanjangan UNAMA hingga 17 September 2020 telah dituangkan dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 2489.

“Diplomasi Indonesia kembali berhasil di Dewan Keamanan PBB, setelah sukses fasilitasi kesepakatan Resolusi 2489 mengenai peran Misi PBB di Afghanistan,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (18/9/2019).

Dian menuturkan resolusi tentang misi PBB di Afganistan diprakarsai oleh Indonesia yang bekerja sama dengan Jerman. Resolusi tersebut memuat berbagai dukungan PBB kepada pemerintah dan rakyat Afganistan untuk menciptakan perdamaian, serta pembangunan di negara tersebut.

Menurutnya, keberhasilan Indonesia mendorong resolusi tersebut menunjukkan kepercayaan negara anggota Dewan Keamanan PBB terhadap Indonesia. Selain itu, Indonesia juga dianggap aktif memperjuangkan persoalan Afganistan, seperti upaya Indonesia mendorong peran aktif perempuan Afghanistan.

Resolusi yang berhasil didorong Indonesia akan memberikan mandat baru bagi UNAMA untuk mendukung kapasitas Pemerintah Afghanistan dalam penegakan hak asasi manusia, kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak-anak.

Selain itu, UNAMA juga miliki mandat untuk dukung persiapan Pemilu Presiden tanggal 28 September 2019.

Dia menilai dukungan internasional bagi Afghanistan sangat penting menjelang pemilihan presiden yang akan menjadi simbol penegakan demokrasi di Afghanistan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diplomasi
Editor : Lili Sunardi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top