Karhutla Masih Marak, Udara Ogan Komering Ilir Dipenuhi Asap

Banyaknya titik api akibat kebakaran lahan membuat udara Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, pada Kamis (12/9/2019) dipenuhi asap.
Ropesta Sitorus & Rivki Maulana
Ropesta Sitorus & Rivki Maulana - Bisnis.com 12 September 2019  |  19:06 WIB
Karhutla Masih Marak, Udara Ogan Komering Ilir Dipenuhi Asap
Api berkobar di lahan sekitar ruas tol Kayuagung - Palembang. BISNIS - Rospesta Sitorus

Bisnis.com, OGAN KOMERING ILIR - Banyaknya titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) membuat udara Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan, pada Kamis (12/9/2019) dipenuhi asap.

Pada Kamis (12/9/2019) sekitar pukul 17.40 WIB hingga 18.40 WIB, saat tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019 Bisnis Indonesia melintasi ruas tol Kayuagung - Palembang yang sedang dalam tahap konstruksi tersebut, langit senja tampak kelabu. Ketika jendela kaca mobil diturunkan, bau asap yang pekat langsung memenuhi indra penciuman.

Ruas tol Kayuagung - Palembang berkabut. BISNIS/Rospesta Sitorus

Seketika tim menyadari turunnya jarak pandang tersebut bukan akibat kabut melainkan efek asap dari sejumlah titik api yang muncul di wilayah Sumatra Selatan dan sekitarnya. 

Berdasarkan pantauan, sepanjang lintasan jalan tol tersebut tampak tiga titik api dengan cakupan area yang cukup luas. Di kejauhan, di balik lahan-lahan kebun sawit maupun area rawa, tampak asap berwarna abu-abu gelap membubung ke angkasa. 

Belum diketahui secara pasti berapa jumlah titik api yang timbul di Sumatra Selatan dan sekitarnya. 

BISNIS/Nurul Hidayat

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hutama karya, titik panas, Karhutla, Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top