BSSN: Akun Asing Sebarkan Hoaks Kondisi Papua  

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)menemukan akun asing di media sosial yang sengaja menebarkan berita bohong atau hoaks tentang kondisi di Papua. 
JIBI
JIBI - Bisnis.com 30 Agustus 2019  |  14:16 WIB
BSSN: Akun Asing Sebarkan Hoaks Kondisi Papua  
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letjen TNI Purn Hinsa Siburian usai bertemu dengan Menko Polhukam Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (30/8/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)menemukan akun asing di media sosial yang sengaja menebarkan berita bohong atau hoaks tentang kondisi di Papua

Menurut Kepala BSSN Hinsa Siburian, berdasarkan penelusuran lembaganya pelaku bisa perorangan atau kelompok.

"Jadi kami tidak boleh langsung menuduh," ujar dia di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, hari ini,Jumat (30/8/2019).

Meski begitu Hinsa menyatakan belum bisa melacak dari negara mana saja akun asing tersebut berasal. 

"Itu tidak bisa kami menyebutkan itu karena itu bisa dari mana saja."

Hinsa mengimbau masyarakat Papua dan Papua Barat jangan sampai terpengaruh dengan hoaks. Dia meyakini masyarakat di sana cinta damai.

Sekitar 32 ribu konten yang dianggap provokatif dan hoaks mengenai situasi di Papua dan Papua Barat dihapus oleh tim gabungan siber Polri. Kemenkominfo bersama Badan Siber patroli dunia maya. Ditemukan sekitar 1.700 media sosial yang penyebar konten-konten negatif.

Juru bicara Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, di antara ribuan akun yang telah dilaporkan kepada Kemenkominfo sebagian dari luar negeri. Polisi tengah mengungkap profil pemilik akun-akun penyebar hoaks tersebut.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, hoax

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top