Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IPW Minta Polisi Memproses Anggota yang Mengintimidasi Wartawan

Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polri memproses anggotanya yang mengintimidasi wartawan pada saat meliput aksi buruh di sekitar DPR/MPR.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  18:28 WIB
Neta S Pane - wikipedia
Neta S Pane - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Polri memproses anggotanya yang mengintimidasi wartawan pada saat meliput aksi buruh di sekitar DPR/MPR.

Ketua Presidium IPW, Neta S Pane berpandangan bahwa Polisi dan pewarta seharusnya bersinergi ketika bertugas di lapangan, karena keduanya dilindungi Undang-Undang dalam menjalankan tugas.

Namun, menurut Neta, tidak sedikit anggota Polri yang tidak dibekali pengetahuan itu, sehingga banyak Polisi yang bersikap arogan ketika bertemu wartawan di lapangan.

"Sayangnya banyak Polisi yang tidak dibekali soal pengetahuan ini, sehingga mereka [Polisi] itu lebih mengedepankan arogansi," tuturnya, Jumat (16/8/2019).

Menurut Neta, anggota Polri yang mengintimidasi wartawan saat melakukan peliputan, bisa dihukum berat karena melanggar Undang-Undang (UU) Pers.

Neta berharap peristiwa intimidasi wartawan itu tidak terjadi lagi di kemudian hari. Menurutnya, Polri dan wartawan harus bersinergi menjalankan tugasnya di lapangan.

"IPW berharap pimpinan Kepolisian memproses kasus ini agar ada kesadaran di Kepolisian bahwa wartawan yang bertugas juga dilindungi UU," kata Neta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri ipw wartawan
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top