Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ungkapan Duka Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Solmed atas Wafatnya Mbah Moen

Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Solmed turut berduka cita atas wafatnya Pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair di Mekkah, Arab Saudi. Keduanya mengenang perjumpaan terakhir bersama Mbah Moen.
Ustaz Abdul Somad bertemu dengan KH Maimoen Zubair/Istimewa @ustad_solmed
Ustaz Abdul Somad bertemu dengan KH Maimoen Zubair/Istimewa @ustad_solmed

Bisnis.com, JAKARTA - Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Solmed turut berduka cita atas wafatnya Pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair di Mekkah, Arab Saudi. Keduanya mengenang perjumpaan terakhir bersama Mbah Moen.

Ustaz Abdul Somad membagikan momen kebersamaan keduanya saat berjumpa pada 9 Februari 2019. Melalui unggahan di akun instagramnya, Abdul Somad menyebut Mbah Moen menghembuskan napas terakhir pada waktu terbaik.

"Orang terbaik, di tempat terbaik, di saat terbaik," tulis Abdul Somad, Selasa (7/8/2019).

Ustaz yang sedang menempuh pendidikan doktoralnya di Maroko ini turut membubuhkan dua hadist Imam at-Tirmidzi. Pertama, berarti "Manusia paling baik adalah orang yang umurnya baik amalannya". Kedua, Tidak ada hari yang lebih baik melebihi 10 hari ini (1 - 10 Zulhijjah).

Sementara itu, Ustaz Solmed mengenang perjumpaan antara dirinya dan istri dengan ulama besar tersebut. Kepulangan Mbah Moen disebut hanya berselang satu hari setelah mereka saling berjumpa di Arab Saudi.

"Mbah Kiai Maimoen Zubair, selamat jalan wahai sang pewaris Nabi. Tak kuat air mata ini menahannya lagi. Baru saja kemarin malam kami berjumpa denganmu. Ya Allah masukan beliau ke dalam surgaMu," tulisnya.

Sebelumnya, Ustaz Solmed sempat membagikan perjumpaannya dengan KH Maimun Zubair. Dalam pertemuan tersebut, Mbah Moen memberikan doa berupa Alfatihah kepada Ustaz Solmed dan istrinya.

Mbah Moen diketahui wafat sekitar pukul 4.00 waktu Arab Saudi. Ulama berusia 90 tahun ini meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur Arab Saudi. Namun belum diketahui penyakit apa yang diderita Mbah Moen menjelang ajalnya itu.

Mbah Moen juga dikenal sebagai sosok yang paling dihormati oleh kalangan para ulama dan masyarakat Jawa. Jagat maya juga dihiasi oleh ucapan bela sungkawa atas meninggalnya ulama sepuh ini.

Sebagian besar kalangan mengenang sosok tersebut sebagai ulama yang mampu mempersatukan bangsa di tengah hiruk pikuk kontestasi politik pada Pilpres lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper