Hari Ini, 104 Capim KPK Jalani Psikotes

Psikotes dilakukan untuk melihat tingkat stabilitas emosi para calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
JIBI
JIBI - Bisnis.com 28 Juli 2019  |  09:03 WIB
Hari Ini, 104 Capim KPK Jalani Psikotes
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata (kedua kanan) mengikuti tes uji kompetensi Seleksi Calon Pimpinan KPK di Pusdiklat Kementerian Sekretaris Negara, Cilandak, Jakarta, Kamis (18/7/2019). Sebanyak 192 kandidat calon pimpinan (capim) KPK mengikuti uji kompetensi tersebut. - ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA -- Seleksi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan berlanjut pada Minggu (28/7/2019), dengan agenda psikotes.

Ini merupakan tahap ketiga dari rangkaian seleksi dan akan digelar di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Test Psikologi Capim KPK akan dilaksanakan Minggu," seperti tertulis dalam undangan tes tersebut, seperti dilansir Tempo, Minggu (28/7).

Anggota panitia seleksi (pansel) KPK Hamdi Muluk menerangkan psikotes dilakukan untuk menjaring capim dengan kepribadian terbaik. Menurutnya, kriteria pertama capim KPK adalah cerdas, termasuk dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah.

Selain itu, psikotes juga dilakukan untuk melihat stabilitas emosi para capim ketika ada dalam tekanan. 

Psikotes ini dijadwalkan dimulai pukul 08.00 WIB dan akan diikuti oleh 104 peserta. Para peserta yang ikut serta adalah yang sudah dinyatakan lolos di tahap uji kompetensi.

Ke-104 orang ini di antaranya termasuk 9 anggota Polri, 3 pensiunan Polri, 7 hakim, 2 mantan hakim, 4 jaksa, 2 pensiunan jaksa, 19 dosen, 11 advokat, 4 auditor, 14 unsur KPK, 3 orang komisioner Komisi Kejaksaan dan Komisi Kepolisian Nasional, 10 PNS, 3 pensiunan PNS, dan 13 lain-lain. Mereka yang lolos hingga akhir akan menjadi pimpinan KPK periode 2019-2023.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KPK

Sumber : Tempo

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top