Megawati Tahu Pertemuan Koalisi di DPP Nasdem, PDIP-Nasdem masih Solid

Politisi PDIP Masinton Pasaribu memastikan bahwa tidak ada kerenggangan hubungan antara PDIP dan Partai Nasdem, pasca-pertemuan para ketua umum partai pengusung Jokowi di DPP Nasdem pada Senin (22/7/2019). Pertemuan itu minus kehadiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Juli 2019  |  13:20 WIB
Megawati Tahu Pertemuan Koalisi di DPP Nasdem, PDIP-Nasdem masih Solid
Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (ketiga kanan) berfoto dengan sejumlah petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, sebelum pertemuan di Jakarta, Jumat (26/7/2019). Agenda pertemuan membahas pembubaran TKN. - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi PDIP Masinton Pasaribu memastikan bahwa tidak ada kerenggangan hubungan antara PDIP dan Partai Nasdem, pasca-pertemuan para ketua umum partai pengusung Jokowi di DPP Nasdem pada Senin (22/7/2019). Pertemuan itu minus kehadiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Enggak ada masalah yang membuat kami jaga jarak hingga saat ini," ujar Masinton dalam sebuah diskusi bertajuk "Utak-atik Manuver Elit" di Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Menurutnya, pertemuan di DPP Nasdem beberapa waktu lalu telah dikomunikasikan dengan pihak PDIP. Namun, kata dia, para elit PDIP tidak bisa menghadiri pertemuan itu karena terkendala waktu.

"Sesama koalisi pasti dikomunikasikan. Mungkin tidak langsung ke Bu Mega. Tapi sekjen pasti tahu, persoalan bisa hadir atau tidak tergantung waktu," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan ketidakhadiran PDIP lantaran PDIP akan menggelar kongres pada 8 Agustus mendatang. Sehingga para elit PDIP disibukkan dengan berbagai aktivitas partai, seperti konsolidasi internal, rapat kerja daerah, dan lain-lain.

"Jadi ketika pertemuan Gondangdia (DPP Nasdem) tidak hadir karena memang ada kegiatan yang harus dihadiri para pimpinan partai tingkat pusat di daerah," lanjut Masinton.

Masinton menilai bahwa partainya juga tidak memiliki masalah dengan pertemuan yang digelar Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bersama tiga ketua umum partai pengusung Jokowi lainnya.

"Tidak mempermasalahkan itu. Dalam koalisi ini (Koalisi Indonesia Kerja) baik-baik saja," katanya.

Pada Senin (22/7), Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bertemu di kantor DPP Nasdem.

Pertemuan ketua umum partai koalisi Jokowi-Ma'ruf itu terjadi di tengah isu perebutan kursi ketua MPR antarpartai koalisi. PDIP tidak hadir dalam pertemuan itu. Usai pertemuan, empat ketum KIK tersebut kompak bicara soal soliditas internal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip, nasdem

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top