Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Universitas Brawijaya Bikin Kertas dari Limbah Biomassa

Dua mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) Sakinah Hilya dan Khodijah Adrebi membuat pulp dan kertas dari limbah biomassa dengan alat Cellulose from Biomass Waste (C-BOMS).
Mahasiswa Universitas Brawijaya tengah memproses limbah biomassa untuk menajdi bahan kertas./ Istimewa
Mahasiswa Universitas Brawijaya tengah memproses limbah biomassa untuk menajdi bahan kertas./ Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Dua mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB) Sakinah Hilya dan Khodijah Adrebi membuat pulp dan kertas dari limbah biomassa dengan alat Cellulose from Biomass Waste (C-BOMS).

Khodijah Adrebi mengatakan dengan menggunakan C-BOMS, maka kertas yang dihasilkan lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

"Selama ini untuk membuat kertas, bahan baku utama yang digunakan adalah kayu hutan, dan untuk memproduksi satu rim kertas dibutuhkan satu pohon berusia lima tahun," katanya di Malang, Rabu (24/7/2019).

Pada tahun 2016 konsumsi kertas dunia mencapai 394 juta ton, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 490 juta ton pada tahun 2020.

“Kami menggunakan limbah biomassa sebagai bahan baku kertas karena berdasarkan data dari Kementerian Pertanian (2014) jumlah limbah biomassa khususnya dari sektor pertanian dan perkebunan yang tidak didayagunakan mencapai 20 juta ton dalam setahun," jelas Khodijah.

Padahal, di dalamnya terkandung selulosa dengan kadar yang tinggi. Selulosa inilah yang menjadi suatu indikasi penting dalam produksi pulp dan kertas. Semakin tinggi kadar selulosa dalam pulp, maka akan menghasilkan kertas dengan kualitas yang lebih baik.

Limbah biomassa dari sektor pertanian tersebut diolah menjadi pulp dan kertas dengan menggunakan C-BOMS. C-BOMS merupakan alat pembuat pulp dan kertas dengan menggunakan teknologi Pulsed Electric Field yang dirangkai dalam suatu rancang bangun alat bernama Cellulose from Biomass Waste (C-BOMS ).

C-BOMS memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan metode yang banyak diterapkan di industri pulp dan kertas saat ini yakni metode kimiawi

Kelebihan tersebut antara lain lebih ramah lingkungan, waktu proses jauh lebih singkat, dan tidak membutuhkan proses thermal yang dapat mendegradasi selulosa.  Karena proses yang efektif dan efisien akan diperoleh dengen pemanfaatan teknologi yang tepat.

C-BOMS memadukan  treatment fisik Pulsed Electric Field dengan memberikan kejut listik yang akan meningkatkan permeabilitas membrane dengan memperbesar pori-pori pada sel, dan juga treatment natrium hidroksida untuk mencapai seluruh bagian sel dan melarutkan lignin maupun zat pengotor lain.

Dengan demikian, akan terjadi proses yang dinamakan delignifikasi. Dari proses tesebut kandungan selulosa akan terpisah dari ikatan lignoselulosa dan lignin akan terlarut sehingga kandungan selulosa akan meningkat.

Hasil produk dari C-BOMS telah diuji menggunakan Scanning Electron Microscopy dan colorimetri.

“Semoga dengan adanya CBOMS, dapat membantu mewujudkan visi Industri Hijau yang terintegrasi dengan Industri 4.0 dan juga mensejahterakan para petani dengan tetap meningkatkan proses produksi yang selaras dengan penjagaan terhadap lingkungan,” kata Khodijah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper