Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebakaran Gunung Panderman: Luas Areal Terbakar Mencapai 60 Ha

Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Panderman, Kota Batu, Malang membakar sekitar 60 hektare wilayah kerja Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 23 Juli 2019  |  16:52 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Panderman, Kota Batu, Malang membakar sekitar 60 hektare wilayah kerja Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebut terjadi di hutan dengan status fungsi Hutan Lindung. Secara keseluruhan, Hutan Lindung tersebut memiliki luas 164,4 Ha. Adapun jarak hutan dari perkampungan sekitar 5 km. Area terbakar pada hutan lindung tersebut sebagian besar pada tanaman bawah, serasah dan ilalang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan kebakaran ini disebabkan oleh faktor alam yang terjadi pada tiga titik api.

“Tiga titik api yaitu titik api di Parang Putih dan Tingsen, keduanya merupakan api skala kecil dan sudah dapat dipadamkan. Begitupun dengan api yang berada di titik Puncak telah berhasil dipadamkan,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Djati Witjaksono Hadi dalam keterangan resminya, Selasa (23/7).

Pemadaman api tersebut dilakukan dengan membuat sekat bakar ringan serta pembakaran terbalik pada lokasi yang terjangkau. Untuk lokasi yang terjal, sulit terjangkau dan terindikasi adanya api skala besar belum bisa dipadamkan secara konvensional hingga Senin (22/7) sore pukul 15.00 WIB.

Namun demikian, Djati mengatakan penanganan lanjutan sedang dilaksanakan hari ini (23/7) dengan fokus penanganan menggunakan metode sekat bakar dengan estimasi panjang 5 Km dan lebar 3 m, serta metode pembakaran terbalik.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebakaran hutan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top