Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nasdem Dukung Usulan Jusuf Kalla Soal Calon Menteri Jokowi

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Johnny G Plate mengatakan bahwa komentar Kalla (JK) bukan hanya representasi partai, tapi juga non partai.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 12 Juli 2019  |  19:37 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersiap memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla bersiap memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan kepada Presiden terpilih Joko Widodo untuk memberikan jatah menteri kepada partai pendukung sesuai perolehan suara. Partai Nasional Demokrat mendunung pernyataan JK tersebut.

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Johnny G Plate mengatakan bahwa komentar Kalla (JK) bukan hanya representasi partai, tapi juga non partai. Meski ada hal lain juga yang disampaikan.

“Misalnya representasi wilayah, representasi kelompokkan, dan seterusnya. Saya kira apa yang disampaikan oleh JK sebagai politisi senior, sebagai tokoh nasional yang juga senior, itu layak juga jadi masukan yang layak untuk Jokowi,” katanya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Meski masukkan Kalla bagus, Johnny menjelaskan bahwa hak memutuskan pembagian menteri ada pada Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai kepala negara. Nasdem mendukung penuh apa yang dilakukan keduanya.

“Kami khususnya Nasdem menghormati betul hak prerogatif presiden. Untuk menentukan tiga hal itu, struktur kabinet, nomenklatur kabinet, dan anggota kabinet, itu betul-betul diskresi presiden,” jelasnya.

Sebelumnya JK selain menyarankan pembagian kursi yang adil kepada partai pendukung, Jokowi disarankan mempertimbangangkan keselarasan wilayah, suku, agama, dan politik. Jadi, menteri dipilih bukan hanya untuk partai. 

“Itulah baru bisa terjadi suatu yang dapat didukung semua pihak, didukung oleh seluruh rakyat,” jelasnya, Kamis (11/7/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jusuf kalla nasdem
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top