Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tanggapan PKB dan Perindo Soal Calon Menteri Jokowi-Ma'ruf

Rencana PKB itu disampaikan Ketua DPP PKB Lukman Edy. Menurutnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan memberi nama-nama bakal calon menteri setelah Jokowi meminta hal itu.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 12 Juli 2019  |  19:21 WIB
Ini Tanggapan PKB dan Perindo Soal Calon Menteri Jokowi-Ma'ruf
Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kedua kiri) melambaikan tangan saat bertemu di kediaman Ma'ruf Amin, di Jl. Situbondo, Menteng, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama-nama bakal calon menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah ada permintaan dari pemenang Pilpres 2019 ini.

Rencana PKB itu disampaikan Ketua DPP PKB Lukman Edy. Menurutnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan memberi nama-nama bakal calon menteri setelah Jokowi meminta hal itu.

“Nanti Pak Muhaimin memproses, menginventarisir, melakukan pembicaraan dengan pimpinan, baru keluar namanya,” tutur Lukman di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

PKB menilai Jokowi punya hak penuh menentukan kriteria calon menteri untuk membantunya di pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi, ujar Lukman, juga dianggap bisa saja tak meminta rekomendasi nama-nama bakal calon menteri ke parpol koalisi pendukungnya.

Menurut Lukman, Jokowi berhak menentukan sumber rekrutmen calon menterinya sendiri. Para calon menteri bisa saja berlatarbelakang kader parpol, birokrat, profesional, atau anggota TNI/Polri.

“Menjadi hak Pak Jokowi juga untuk menentukan formula berapa persen [menteri] sumber dari parpol, berapa persen dari birokrat, berapa persen dari TNI atau Polri,” ujarnya.

Pembahasan soal calon menteri di kabinet pemerintahan baru juga dilakukan Ketua DPP Partai Perindo Arya Sinulingga. Dia menekankan perhatian pada sosok muda yang disebut-sebut akan ada dalam kabinet baru pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Menurut Arya, sosok muda di kabinet Jokowi-Ma’ruf tidak harus berasal dari parpol. Akan tetapi, dia mengakui adanya dorongan dari sejumlah parpol agar menteri dari generasi muda diambil dari unsur partai politik.

“Yang pasti Pak Jokowi mencari orang energik dan bisa eksekusi cepat. Sudah kebayang kan bakal banyak porsi anak muda, bisa saja nggak milenial tapi masih energik,” ujar Arya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top