Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lonceng Big Ben di Inggris Tak Berdentang di Ulang Tahun Ke-160

Peringatan 160 tahun lonceng Big Ben di London, Inggris, berlalu dalam sunyi karena menara jam yang terkenal itu sedang dalam proses restorasi besar-besaran.
Menara jam Big Ben di London./Reuters
Menara jam Big Ben di London./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Peringatan 160 tahun lonceng Big Ben di London, Inggris, berlalu dalam sunyi karena menara jam yang terkenal itu sedang dalam proses restorasi besar-besaran.

Proyek restorasi itu dapat dilihat pada Elizabeth Tower setinggi 96 meter, salah satu bangunan paling banyak difoto di Inggris.

Proyek ini adalah program konservasi paling besar yang pernah dilakukan pada menara ini yang mengharuskan hilangnya 3.433 buah atap besi tiangnya, untuk perbaikan.

Lonceng Big Ben seberat 13,7 ton akan tetap ada di seluruh pekerjaan restorasi, yang dimulai pada 2017 dan akan selesai pada 2021. Selama proyek restorasi berlangsung, lonceng akan berada dalam kondisi diam, dan hanya terdengar untuk acara-acara penting seperti perayaan malam tahun baru.

Mesin jam Victoria yang melekat pada menara telah dilepas untuk diperbaiki dan untuk memastikannya tidak rusak oleh debu dan kotoran yang dihasilkan selama pekerjaan, dengan motor listrik dipasang untuk menggerakkan jarum sepanjang 4,2 meter jam saat hilang.

"Ini program yang kompleks, dengan ratusan ahli di seluruh negeri mengerjakan elemen-elemen berbeda dari proyek ini. Kami telah mencapai tahap ini dengan banyak komponen utama dipulihkan dan siap untuk kembali ke situ," kata Pemimpin Senior Proyek Charlotte Claughton pada Kamis (11/7/2019).

Pekerja sebelumnya telah menyelesaikan perbaikan jam utara, dengan 324 unit kaca mulut dan kaca yang dipotong sendiri dipasang pada bingkai.

Sebuah kapsul waktu ditemukan di atap menara, kata parlemen Inggris. Benda itu disembunyikan di sana oleh tim yang melakukan pekerjaan untuk memperbaiki kerusakan bom pada 1950-an.

Kapsul itu berisi nama-nama semua pekerja di proyek itu serta koin tua, salinan surat kabar dan surat yang mengacu pada kapsul waktu sebelumnya yang tersisa selama pekerjaan renovasipada 1920-an.

"Menemukan kapsul waktu adalah momen yang hebat. Ini memberi kami rasa sejarah yang nyata dan memberikan koneksi nyata kepada mereka yang telah bekerja untuk melestarikan keindahan ini di hadapan kami," kata Adam Watrobski, arsitek utama proyek tersebut.

Tim tersebut kemudian menempatkan kapsul waktu baru di bagian atas menara, berisi daftar orang-orang yang mengerjakan restorasi, pesan-pesan dari anak-anak sekolah dan salinan kertas pesanan yang mengatur bisnis parlementer untuk hari itu.

Istana Westminster di tepi Sungai Thames, rumah bagi parlemen dan Big Ben, adalah situs warisan dunia dan objek wisata utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper