Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Viral Try Out Tes CPNS 2019 Serentak, Ini Faktanya

Ini fakta terkait isu simpang siur mengenai try out tes CPNS 2019 yang dilaksanakan serentak pada Sabtu (29/06/2019).
Oliv Grenisia
Oliv Grenisia - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  11:09 WIB
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS - Antara/Muhammad Adimaja
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyedia jasa try out tes CPNS 2019 secara cuma-cuma mendadak viral. Kehebohan makin menggema setelah Badan Kepegawaian Negara meminta masyarakat berhati-hati dengan tawaran try out tes CPNS gratis tersebut. Jadi, itu hoaks atau beneran ya?

Hal ini mencuat setelah akun Instagram @cpnsindonesia.id menginformasikan akan mengadakan Try Out Nasional tes CPNS 2019 tanpa biaya alias gratis. Akun itu akan melakukan try out tes CPNS secara online melalui ponsel pintar pada Sabtu (29/6/2019) pukul 19.00 WIB.

Sontak kabar ini langsung ramai di media sosial. Pasalnya, try out itu memiliki beberapa syarat pendaftaran yang bisa dibilang janggal.

Beberapa syaratnya antara lain, calon peserta try out harus mengikuti akun instagram @cpnsindonesia tersebut. Lalu, calon peserta juga harus menandai tiga orang teman di kolom komentar postingan akun tersebut.

Selain itu, calon peserta juga harus mengisi data diri di situs penyedia jasa try out.

Setelah menuntaskan seluruh syarat pendaftaran, calon peserta akan diberikan kode untuk mengikuti try out.

Merespons aksi penyedia jasa try out itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meretweet cuitan @iRudisca yang curiga dengan syarat try out tersebut. Soalnya, data diri yang harus dicantumkan antara lain, asal wilayah, jurusan, universitas, hingga akun instagram.

Warganet itu pun menilai bisa saja data pribadi itu disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, bisa jadi data pribadi itu diperjualbelikan.

Komentar BKN

Akun twitter resmi BKN @BKNgoid langsung memberikan peringatan kepada warganet agar berhati-hati terhadap pihak yang mengaku mengetahui soal CPNS dan menggelar simulasi atau try out tersebut. Masyarakat tetap harus berhati-hati kalau ada penyedia jasa try out yang mengklaim kerja sama dengan BKN.

“Apabila ada simulasi CAT, BKN akan memberikan info resmi melalui website dan media sosial resmi,” tulis @BKNgoid, Selasa (25/6/2019).

Menurut cuitan lainnya dari BKN, segala informasi tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dilihat melalui website pemerintah dengan domain ‘go.id’, termasuk media sosial instansi yang sudah diverifikasi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis.com, postingan dari akun @cpnsindonesia.id itu sudah disukai sebanyak 539.000 akun dan sudah mendaptkan sekitar 1 juta komentar.

Antusias warganet terkait try out CPNS pun bisa dibilang cukup tinggi. Pasalnya, pasca akun @cpnsindonesia itu merilis postingan, pengikutnya langsung melejit sekitar 500.000 akun.

Klarifikasi akun @cpnsindonesia

Sementara itu, @cpsindonesia langsung melakukan klarifikasi terkait try out tes CPNSnya yang menjadi viral.

Admin akun itu menjelaskan lewat instastories kalau pihaknya memang tidak kerja sama dengan BKN atau lembaga apapun.

"Kamihanya bekerja sama dengan @lokernas.id," tulisnya di instastories.

Terkait rumor penyalahgunaan data pribadi, sang admin menjelaskan, memasukkan email saat isi data pribadi hanya untuk mengikuti ketentuan dari fitur Google yang menyediakan jasa pengisian formulir.

Wajib mengisi data pribadi pun dilakukan untuk membuka komunikasi antar peserta setelah try out serentak usai. Harapannya, para peserta yang berada di kawasan sama bisa saling bertemu untuk belajar bersama.

“Jadi nanti teman-teman bisa belajar bareng atau bertanya lewat Instagram, ataupun kerja kelompok,” jelas akun tersebut.

Try Out Resmi dari Bappenas

Melihat fenomena try out tes CPNS itu, ternyata ada lembaga negara yang menyediakan jasa uji coba tes menjadi ASN tersebut.

Salah satunya, Unit Usaha Otonom Penyelenggara Tes (UUO PT) dari Koperasi Pegawai Bappenas. Lembaga itu mengadakan try out dan workshop persiapan tes CPNS pada Minggu (30/6/2019).

Untuk seminar dan workshop akan dimulai sejak pukul 08:00 WIB, sedangkan try out dimulai pukul 13:00 WIB di kantor Bappenas, Jakarta.

Try out tes CPNS meliputi tes karakteristik pribadi, intelegensi umum, dan wawasan kebangsaan.

Namun, try out itu tidak gratis, pesertanya harus membayar Rp125.000 untuk uji coba tes sampai Rp350.000 untuk paket dengan workshop. Pendaftarannya bisa cek di situs koperasi.bappenas.go.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns
Editor : Surya Rianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top