Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menlu Iran Zarif: Kelompok Garis Keras Pendukung Trump ‘Haus’ Perang

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa kelompok garis keras di sekitar Presiden Donald Trump haus akan perang ketimbang mengambil langkah diplomasi menyusul dijatuhkannya sanksi terhadap para petinggi negara republik Islam tersebut.
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif/Reuters
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa kelompok garis keras di sekitar Presiden Donald Trump haus akan perang ketimbang mengambil langkah diplomasi menyusul dijatuhkannya sanksi terhadap para petinggi negara republik Islam tersebut.

Pernyataan itu disampaikan  Zarif melalui akun Twitter miliknya seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (25/6/2019). 

Sanksi yang turut menyasar pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei itu menambah pukulan baru terhadap ekonomi Iran setelah Iran menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika Serikat pekan lalu.

Menteri Keuangan AS, Steve Mnuchin mengatakan Zarif akan dikenakan sanksi pembekuan aset minggu ini.

Zarif pernah mengatakan bahwa apa yang disebutnya sebagai Tim B termasuk penasihat keamanan nasional Trump John Bolton adalah kelompok garis keras yang bersemangat, sedangkan Perdana Menteri Israel yang konservatif Benjamin Netanyahu bisa  membuat Trump terlibat dalam konflik dengan Teheran.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan kemarin bahwa Amerika Serikat sedang membangun koalisi dengan sekutunya untuk melindungi jalur pelayaran Teluk dengan memantau semua pengiriman baranag termasuk bahan bakar minyak. Langkah itu diambil menyusul serangan baru-baru ini pada kapal tanker minyak yang dituding Washington dilakukan oleh Iran.

Tehran telah membantah keterlibatannya dalam ledakan yang telah menghantam enam kapal, termasuk dua kapal tanker minyak Saudi, dekat Selat Hormuz. Selat itu merupakan wilayah perdagangan hampir seperlima dari minyak dunia.

 Pernyataan Zarif tentang militer AS yang tidak memiliki kepentingan di Teluk tampaknya merujuk pada kicauan sebelumnya ketika Trump mengatakan negara-negara lain harus melindungi pengiriman minyak mereka sendiri di Timur Tengah daripada meminta Amerika Serikat melindungi mereka.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper