Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apple Jadi Perusahaan Gim Terbesar Keempat

Newzoo yang merupakan lembaga riset pasar tentang gim merilis laporan terbaru yang menyatakan bahwa Apple menjadi perusahaan keempat dengan pendapatan terbesar yang berasal dari lini gim.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Newzoo yang merupakan lembaga riset pasar tentang gim merilis laporan terbaru yang menyatakan bahwa Apple menjadi perusahaan keempat dengan pendapatan terbesar yang berasal dari lini gim.

Riset itu menyebutkan lima perusahaan gim terbesar saat ini adalah Tencent, Sony, Microsoft, Apple, dan Activision Blizzard. Keberadaan Apple sendiri terbilang menarik, pasalnya perusahaan tersebut tidak mengkhususkan diri membuat gim atau konsol seperti perusahaan top lainnya.

Namun, tampaknya berkat proliferasi ponsel pintarnya yakni iPhone, hal tesebut menjadi mungkin dengan banyaknya jumlah pengguna ponsel pintar Apple di seluruh dunia yang memainkan dan membeli gim serta fitur terkait melalui Apple Store.

Dilansir dari laman resmi Newzoo, Apple diperkirakan telah memperoleh pendapatan gim secara berturut-turut per kuartal 2018 sebesar US$2,09 miliar, US$2,3 miliar US$2,52 miliar, dan US$2,54 miliar. Artinya sepanjang 2018 kemarin, pendapatan lini gim perusahaan tersebut mencapai US$9,45 miliar.

Perolahan tersebut diperkirakan akan terus meningkat di masa mendatang. Hal tersebut dikarenakan salah satunya adalah perilisan layanan Apple Arcade pada The Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 yang digelar beberapa waktu lalu.

Apple Arcade sendiri merupakan layanan berlangganan baru yang akan memberikan penggunanya akses untuk mendapatkan permainan eksklusif yang ditawarkan oleh perusahaan.

Sementara itu, laporan terbaru dari Newzoo juga menyatakan bahwa gim mobile merupakan segmen terbesar dalam pasar gim global saat ini mencakup 45% pangsa pasar dengan perkiraan pendapatan sebesar US$68,5 miliar.

Dalam kategori gim mobile, gim berbasis ponsel pintar atau smartphone mendatangkan sekitar 80% pendapatan atau senilai US$54,9 miliar. Sementara sisanya disumbangkan oleh pendapatan gim tablet, yakni sebesar 20% atau US$13,6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Syaiful Millah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper