Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan KPK Diharapkan Mampu Bangun Sistem

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan mampu membangun sistem yang baik dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi.
Logo KPK/Antara-Widodo S Jusuf
Logo KPK/Antara-Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA--- Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diharapkan mampu membangun sistem yang baik dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Diani Sadia Wati, salah satu anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK dalam konferensi pers seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Salah satu hasil diskusi antara Pansel Capim KPK dan Presiden adalah harapan bahwa pimpinan KPK periode 2019-2024 harus memiliki kemampuan manajerial yang sangat kuat karena aspek internal dan eksternal KPK harus dibenahi.

"Dan ini tentunya PR (pekerjaan rumah) besar bagi pansel untuk mencari (Pimpinan KPK) yang tidak hanya menguasai teknik investigasi tapi juga membangun sistem yang baik, transparan dan juga menajerial skill yang nanti akan sangat dapat membantu khususnya untuk pencegahan, karena kita sudah punya Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dan itu yang harus kita lakukan bersama-sama," kata Diani.

Pertemuan antara Pansel Capim KPK dan Presiden itu merupakan pertemuan yang pertama sejak Pansel Capim KPK terbentuk pada 17 Mei 2019. Senin (17/6/2019) sekaligus merupakan hari pertama pendaftaran Capim KPK. Pendaftaran akan dibuka sampai 4 Juli 2019.

Pendaftar Capim KPK itu harus melampirkan sejumlah berkas seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, surat pernyataan memiliki pengalaman di bidang hukum.

Selain itu keterangan keuangan atau perbankan, surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan sebagainya. Pendaftar Capim KPK harus memiliki pengalaman minimal 15 tahun dalam bidang hukum, ekonomi, keuangan dan perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper