Makna Dibalik Busana Batik yang Dikenakan AHY dan Ibas

Saat bersilaturahmi, AHY dan Ibas mengenakan busana batik yang sama, batik bernuansa hitam dan bercorak Sawunggaling.
Makna Dibalik Busana Batik yang Dikenakan AHY dan Ibas Stefanus Arief Setiaji | 06 Juni 2019 09:20 WIB
Makna Dibalik Busana Batik yang Dikenakan AHY dan Ibas
Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono saat berada di pusara Ani Yudhoyono pada hari pertama Lebaran, Rabu (5/6/2019). - Partai Demokrat

Kabar24.com, JAKARTA — Dua putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono berkeliling untuk bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Saat bersilaturahmi, AHY dan Ibas mengenakan busana batik yang sama, batik bernuansa hitam dan bercorak Sawunggaling.

Rupanya, ada cerita dibalik busana batik yang dikenalan keduanya itu.

Dikutip dari situs resmi Partai Demokrat, Kamis (6/6/2019), busana batik itu dipakai oleh keluarga besar Yudhoyono saat hari pertama Lebaran.  Mereka terlihat kompak memakai batik itu saat nyekar ke pusara Ani Yudhoyono, Rabu (5/6/2019).

SBY menyebut batik tersebut merupakan pilihan almarhum Ani Yudhoyono, sebelum meninggal dunia. Batik itu diibaratkan sebagai burung yang terbang ke surga.

“Konon memiliki arti mengibaratkan burung yang terbang ke surga. Saya baru tahu setelah memahami apa maksud Ibu Ani, nanti kita lebaran pakai batik itu di rumah sakit. Kita berfoto bersama mengenakan batik itu,” tutur SBY menceritakan pembicaraannya dengan Ibu Ani sebelum wafat.

Saat berada di pusara istrinya itu, SBY menyebut bahwa bunga mawar merah dan putih menggambarkan kecintaan Ani Yudhoyono untuk Indonesia.

“Mawar merah, melati putih, menggambarkan kecintaan Ibu Ani kepada Indonesia tercinta,” kata SBY sesaat sebelum menaburkan bunga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sby, batik, agus harimurti

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top