Umat Katolik Jaga Keamanan dan Kelancaran Salat Id di Masjid Istiqlal

Selain petugas kepolisian, pengamanan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, dibantu juga oleh sejumlah komunitas dari umat Katolik, Rabu (5/6/2019).
Aprianus Doni Tolok | 05 Juni 2019 07:52 WIB
Selain petugas kepolisian, pengamanan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, dibantu juga oleh sejumlah komunitas dari umat Katolik, Rabu (5/6/2019). JIBI/Bisnis - Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Selain petugas kepolisian, pengamanan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, dibantu juga oleh sejumlah komunitas dari umat Katolik, Rabu (5/6/2019).

Bukan hanya umat dari Gereja Katedral yang letaknya tepat berseberangan, tetapi umat dari gereja lain pun berpartisipasi di dalamnya.

Pieter, Wakil Ketua Garda Santa Anna - salah satu komunitas umat Katolik yang berjaga - mengatakan bahwa tujuan mereka berpartisipasi dalam pengamanan jalamnya Salat Id umat muslim di Istiqlal adalah sebagai wujud toleransi dan kerukunan umat beragama.

"Kami [Garda Santa Anna] terpanggil untuk ikut serta menjaga keamanan, kenyamanan, dan kelancaran ibadah saudara-saudara kita umat muslim di Masjid Istiqlal. Ini wujud toleransi dan kerukunan antarumat beragama," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (5/6/2019).

Lanjutnya, terdapat 21 anggota komunitas Garda Santa Anna yang diterjunkan di sekitar Masjid Istiqlal. Di sana mereka juga bertugas membantu mengarahkan umat muslim yang mencari tempat untuk parkir.

Bersama dengan petugas kepolisian, dalam pantauan Bisnis, suasana jalan di sekitar Masjid Istiqlal, yakni Jalan Katedral dan Jalan Perwira terpantau lancar kendati banyak mobil yang diparkir di bahu jalan.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
katolik, katedral, idulfitri, masjid istiqlal

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top