Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Beberapa Lokasi Berbuka Puasa Jika Anda Sedang Berada di Yogyakarta

Di Yogyakarta terdapat sejumlah tempat buka puasa yang nyaman sekaligus bisa merealisasikan agenda wisata kuliner di saat Ramadan.
Takjil di Pasar Sore Kauman, Yogyakarta/muhammadiyah.or.id
Takjil di Pasar Sore Kauman, Yogyakarta/muhammadiyah.or.id

Bisnis.com, YOGYAKARTA -  Benhil atau Bendungan Hilir di kawasan Jakarta Pusat dikenal sebagai salah satu lokasi pusat jajanan dan makanan selama bulan Ramadan.

Di kota lain, seperti di Yogyakarta, juga terdapat sejumlah lokasi yang sayang untuk dilewatkan saat Anda mencari lokasi berbuka puasa.   

Tempo.co menuliskan di Yogyakarta terdapat sejumlah tempat buka puasa yang nyaman sekaligus bisa merealisasikan agenda wisata kuliner di saat Ramadan.

Setidaknya ada empat tempat yang tepat untuk dijadikan lokasi berbuka puasa sekaligus wisata kuliner serta dekat dengan masjid. Berikut tempat-tempat dimaksud.

1. Kampung Kauman

Kampung ini hanya sepandangan mata dari Keraton Yogyakarta. Kampung Kauman menjadi salah satu tempat teramai selama Ramadan. Salah satu jajanan khas di Kampung Kauman ini adalah Kicak. "Kicak hanya ada saat Ramadan," ujar Suwanti, 64, pedagang di Kauman, Sabtu 11 Mei 2019.

Kicak adalah kue berwarna putih yang dulunya hanya dibuat dari singkong yang diparut. Sekarang kue itu dibuat dengan bahan beras ketan yang ditanak lalu dihaluskan sehingga membentuk seperti jadah. Penyajian kue kicak dilengkapi dengan kelapa parut dan potongan nangka. Harganya sekitar Rp 2.000 sampai 3.000.

Selain Kicak, pengunjung bisa memilih menu buka puasa lainnya, seperti carang gesing, semar mendem, bubur saren, jadah manten, pes roti, kolak, mentuk, dan oblok-oblok. Setelah buka puasa, singgahlah ke Masjid Gedhe Kauman untuk melaksanakan salat maghrib.

2. Kampung Jogokariyan

Letak Kampung Jogokariyan berada di selatan Keraton Yogyakarta. Dari Keraton Yogyakarta, wisatawan bisa melewati Alun Alun Kidul menuju gapura Plengkung Gading dan lurus ke selatan ke arah Pondok Pesantren Krapyak. Sebelum sampai Krapyak, ada penunjuk jalan menuju Jalan Jogokariyan ke arah timur.

Suasana kampung yang terkenal dengan Masjid Jogokariyan itu sangat ramai menjelang buka puasa. Setiap sudut kampung berhias lampion, seolah memeriahkan 250 pedagang makanan dan minuman yang berderet di sepanjang jalan. Ada dawet hitam khas Purworejo, nasi balap khas Lombok, sampai samosa dari India yang dijual dengan harga terjangkau.

Jangan khawatir kehabisan makanan dan minuman untuk buka puasa. Pengurus Masjid Jogokariyan juga menyediakan ribuan porsi takjil untuk jamaah masjid.

3. Kampung Nitikan

Kampung Nitikan terletak di sebelah timur Rumah Sakit Umum Daerah Wirosaban Yogyakarta. Pasar tiban Ramadan di Nitikan ini sebelumnya sangat beken dengan nama Jalur Gaza yang merupakan singkatan dari Jajanan Lauk Sayur Gubuk Ashar Zerba Ada. 

Pasar sore yang dikelola Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta ini memanjang sekitar hampir 2 kilometer di Jalan Sorogenen Nitikan Yogyakarta. Lebih dari 300 pedagang turut berjualan takjil yang menggoda selera.

Salah satu menu buka puasa yang selalu diburu adalah tempe mendoan jumbo khas Cilacap yang harganya hanya Rp 3.500 per biji. Anekan jajanan pasar sampai makanan berat, seperti pecel, bakmi, sampai aneka pepes serta rujak juga menjadi ciri khas takjil di Kampung Nitikan ini.

4. Alun-Alun Kidul

Bagi muda mudi atau keluarga yang memiliki anak kecil, Alun-Alun Kidul yang letaknya masih dalam area Jeron Beteng Keraton Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk ngabuburit. Sembari menunggu waktu buka puasa, pengunjung biasanya menghabiskan waktu dengan berbagai aktivitas di Alun Alun Kidul ini.

Anak-anak misalnya, bisa naik odong-odong hias, bermain di lapangan, dan muda mudi dapat menjajal permainan masangin atau berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Aneka jajanan di Alun Alun Kidul sebagian besar bukan makanan berat, seperti tahu gejrot, wedang ronde, dan es kelapa muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper