Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pameran Foto Bhinneka Tunggal Ika Digelar di Slowakia

Foto yang dipamerkan merupakan foto-foto koleksi Pavol Demes saat kunjungan ke Indonesia pada April 2019.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  01:17 WIB

Bisnis.com, BRATISLAVA – KBRI Bratislava di bekerja sama dengan Constantine the Philosopher University di Nitra, Slowakia, menyelenggarakan pameran foto hasil karya Pavol Demes, mantan Menteri Luar Negeri Slowakia, mengenai kehidupan beragama di Indonesia denga tema “Indonesia: Unity in Diversity”.

Foto yang dalam Pameran yang berlangsung sejak 24 April 2019 hingga 10 Mei mendatang itu merupakan foto-foto koleksi Pavol Demes saat kunjungan ke Indonesia pada April 2019 dalam rangka mempelajari secara langsung kehidupan beragama di Indonesia yang memiliki keragaman budaya, agama, dan ras.

Terdapat kurang lebih 75 foto yang ditampilkan untuk menggambarkan kehidupan beragama di Indonesia.

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso, dalam sambutan pembukaan pameran foto menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari pihak universitas dan Pavol Demes sehingga pameran foto ini dapat terealisasi.

“Sangat penting bagi Indonesia menginformasikan kepada publik Slowakia khususnya generasi muda Slowakia untuk mengenal Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan menjaga toleransi beragama. Diharapkan melalui pameran ini dapat diberikan pengertian bahwa setiap agama membawa ajaran kebaikan sehingga tidak perlu ada sentimen terhadap agama tertentu,” ujar Adiyatwidi Adiwoso melalui siaran pers, Kamis (2/5/2019).

Rektor Constantine the Philosopher University dalam sambutannya menyampaikan bahwa pameran foto “Indonesia: Unity in Diversity” merupakan kerja sama pertama yang terjalin antara KBRI Bratislava dan pihak universitas.

Dia berharap kiranya kerja sama ini menjadi langkah awal untuk kolaborasi kerja sama yang lebih luas.

Untuk memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai Indonesia, Dubes RI memberikan kuliah umum kepada mahasiswa di Constantine the Philosopher University bertema “Faces of Indonesia”.

Kuliah umum ini memberikan gambaran kepada mahasiswa Slowakia mengenai kekayaan seni budaya, agama, suku bangsa, dan sejarah migrasi nenek moyang Indonesia yang berasal dari berbagai benua.

Sementara itu, Pavol Demes memberikan presentasi berupa “photo lecture”. Ia memberikan penjelasan dari setiap foto-foto yang ditampilkan sebagai representasi keragaman budaya dan agama di Indonesia, dan lima dasar dari Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar bagi rakyat Indonesia dalam hidup saling berdampingan dengan segala perbedaan yang ada.

Apresiasi disampaikan oleh para undangan dan mahasiswa yang melihat pameran foto dan mengikuti presentasi Dubes RI dan Pavol Demes.

Menurut mereka, tidak terbayangkan Indonesia sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dapat menghormati keberadaan agama lain, walau tidak dapat dipungkiri terdapat kelompok Islam yang beraliran keras. Namun demikan, negara memberikan jaminan dan kepastian kepada rakyatnya untuk beribadah sesuai agamanya masing-masing

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan resepsi yang menghidangkan kue-kue khas Indonesia seperti onde-onde, lapis singkong, risoles, kue lumpur, dan dadar gulung.

Constantine the Philosopher University berada di Nitra yang berjarak sekitar 100 km dari kota Bratislava. Universitas ini merupakan salah satu dari enam universitas terbesar di Slowakia dengan 5 fakultas utama yaitu Faculty of Arts, Faculty of Central European Studies, Faculty of Education, Faculty of Natural Sciences, dan Faculty of Social Sciences and Health Care. (K15)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran foto
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top