Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WACANA PEMINDAHAN IBU KOTA : Jakarta Tetap Jadi Pusat Bisnis

Meskipun wacana pemindahan ibu kota baru Indonesia terus bergulir, pemerintah memastikan bahwa Jakarta akan tetap menjadi pusat kota bisnis.
Tol dalam kota Jakarta/Bisnis.com
Tol dalam kota Jakarta/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun wacana pemindahan ibu kota baru Indonesia terus bergulir, pemerintah memastikan bahwa Jakarta akan tetap menjadi pusat kota bisnis.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara Sofyan Djalil memberi contoh banyak negara yang memindahkan ibu kotanya, namun tidak memengaruhi kegiatan bisnis yang sudah berdiri di areal ibu kota lama.

"Jadi, [wilayah] ibu kota baru tidak akan jadi kota bisnis. Karena pengalaman seperti New York sama Washington. Brasilia dengan Rio De Janeiro," kata Sofyan usai melalukan Jumpa Media di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Menurutnya, melihat contoh-contoh berdirinya ibu kota baru tersebut. Pertumbuhan infrastuktur dan kegiatan bisnis di ibu kota baru akan terjadi, namun tidak akan semasif kegiatan bisnis yang sudah bergerak di wilayah ibu kota sebelumnya.

"[Infrastuktur Bisnis] itu akan tumbuh, tapi tidak akan masif. Karena [infrastruktur dan kegiatan] bisnis akan [tetap berada] di kota bisnis [yang sudah ada di wilayah ibu kota sebelumnya]," ujarnya.

Sofyan mengatakan di negara lain kota untuk pusat pemerintahan dan kota bisnis biasanya sudah berada di wilayah yang berbeda sehingga wacana pemindahan ibu kota menurutnya merupakan ide yang wajar dan dapat diterima.

Selain itu, wacana pemindahan ibu kota di Indonesia menurutnya bukanlah hal yang baru sudah ada sejak periode pemerintahan Presiden Soekarno.

"Di negara lain biasanya kota bisnis dan pemerintahan pisah. Ide pindah ibu kota bukan baru sekarang, pas Presiden Soekarno aja sudah. Zaman Presiden Soeharto juga pernah. Bahkan banyak orang spekulasi beli tanah di Jonggol, Bogor," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper