McAfee Bakal Ungkap Sosok Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto

Pelopor antivirus John McAfee sesumbar telah bertemu dengan pencipta Bitcoin yang misterius, Satoshi Nakamoto. McAfee bahkan berencana untuk mengungkapkan identitas Nakamoto.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 24 April 2019  |  08:42 WIB
McAfee Bakal Ungkap Sosok Pencipta Bitcoin Satoshi Nakamoto
Ilustrasi bitcoin. - Reuters/Dado Ruvic

Kabar24.com, JAKARTA – Pelopor antivirus John McAfee sesumbar telah bertemu dengan pencipta Bitcoin yang misterius, Satoshi Nakamoto. McAfee bahkan berencana untuk mengungkapkan identitas Nakamoto.

Siapa dan bagaimana latar belakang Satoshi Nakamoto telah diperdebatkan dengan sengit selama bertahun-tahun. Tak jelas jika nama ini adalah seseorang atau malah sekelompok orang. Rentetan teori yang ada sampai memunculkan spekulasi bahwa penemu Bitcoin ini mungkin sudah wafat.

New York Times dan New Yorker adalah di antara media yang berusaha menemukan sosok atau kelompok di balik nama itu. Dalam ulasan pada 2014, Newsweek mengidentifikasi Nakamoto yang sebenarnya sebagai seorang fisikawan asal California. Laporan ini telah dibantah kemudian.

Dalam sebuah blog pada 2016 dan wawancara dengan tiga outlet media, pengusaha Australia Craig Wright mengatakan bahwa dia adalah Nakamoto yang sesungguhnya.

Menurut McAfee sendiri, Nakamoto adalah seorang pria yang tinggal di Amerika Serikat (AS).

“Saya sudah berbicara dengannya, dan dia tidak senang mengetahui usaha saya untuk mengungkap tentang dirinya,” ujar pendiri perusahaan software komputer ini dalam sebuah wawancara, seperti diberitakan Bloomberg.

Dengan pengalaman selama sepanjang hidupnya sebagai peretas, McAfee yakin memiliki kemampuan tersebut.

“Orang-orang lupa bahwa saya adalah pakar teknologi. Saya adalah salah satu yang terbaik,” tuturnya.

Di satu sisi, perilaku eksentrik McAfee yang tidak menentu sendiri telah membayangi masa lalunya sebagai seorang pakar software. Jadi, sulit untuk mengetahui apakah dia benar-benar dapat melacak sosok Nakamoto yang sesungguhnya, suatu prestasi yang gagal dicapai banyak orang.

Namun, rencananya itu tak juga kunjung direalisasikan hingga detik ini. Kepada Bloomberg, McAfee sebelumnya mengatakan akan mengungkapnya “dalam waktu sepekan”.

Yang ada ia justru membatalkan rencana itu. Dalam cuitannya di Twitter pada Selasa (23/4/2019), ia berdalih ingin menghindari kontroversi yang dapat merusak upayanya untuk melawan ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

Soal tertundanya rencana pengungkapan itu, McAfee mengunggah surat dari pengacaranya yang mengatakan bahwa mengekspos identitas Nakamoto dapat menjadikannya target tuntutan hukum.

“Mengungkapkan identitas Satoshi saat ini dapat memengaruhi persidangan dan berisiko pada ekstradisi saya. Saya tidak bisa mengambil risiko itu. Saya akan menunggu,” ungkap McAfee dalam Twitter.

Ancaman McAfee untuk mengungkapkan identitas Nakamoto sebagian didorong oleh gugatan yang diajukan Craig Wright terhadap sebuah podcaster yang mempertanyakan apakah Wright adalah Nakamoto. McAfee menegaskan bahwa Wright bukanlah sosok yang ia maksud.

“Saya telah melacak orang-orang terbaik di dunia sepanjang hidup saya dan menyembunyikan identitas mereka. Menemukan Satoshi hal yang mudah bagi saya,” tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bitcoin

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top