Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Poltracking : 9 Parpol Lolos Ambang Batas, PDIP Diprediksi Menang

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil jajak pendapat terkait dengan peta dukungan elektoral di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 13 April 2019  |  12:19 WIB
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda(kiri). JIBI/Bisnis - Jaffry Prabu Prakoso
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda(kiri). JIBI/Bisnis - Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil jajak pendapat terkait dengan peta dukungan elektoral di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Dalam paparannya, Poltracking mencatat peta elektoral partai politik dalam. Pemilu 2019.

PDI Perjuangan diprediksi menjadi pemenang Pemilu 2019 dengan perolehan suara 23,5 persen, disusul Partai Gerindra 13,7 persen, Partai Golkar 12,8 persen.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan bahwa dari hasil survei diperkirakan ada sembilan parpol yang akan lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Selain PDIP, Gerindra, dan Golkae, parpol lain yang lolos ambang batas yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan suara 9,7 persen, Partai Nasdem (7,5 persen), Partai Demokrat (7,2 persen), PKS (6,7 persen), PAN (5,7 persen), dan PPP 5,4 persen.

"Hanya lima parpol yang menguasai dapil [daerah pemilihan] yakni PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Nasdem," ujar Hanta dalam paparan survei Siapakah Pemenang Pemilu 2019? di Hotel Oria, Sabtu (13/4/2019).

Survei Poltracking dilakukan pada 1—8 April 2019 dengan melibatkan 2.000 responden berdasarkan pemilik daftar pemilik tetap (DPT) yang terdaftar oleh Komisi Pemilihan Umum dengan tingkat toleransi kesalahan 2,2 persen.

Model pengumpulan data dilakukan secara tatap muka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip Pemilu 2019 Pilpres 2019
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top