Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indopolling Network : Enam Partai Lolos Parlemen, PAN dan PPP Kurang Sedikit

Lembaga survei Indopolling Network merilis hasil penelitian terkait pemilihan umum serentak 2019. Untuk legislatif, hanya ada 6 dari 16 partai yang bakal lolos ambang batas parlemen 4 persen.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 12 April 2019  |  17:26 WIB
Indopolling Network : Enam Partai Lolos Parlemen, PAN dan PPP Kurang Sedikit

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga survei Indopolling Network merilis hasil penelitian terkait pemilihan umum serentak 2019. Untuk legislatif, hanya ada 6 dari 16 partai yang bakal lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Direktur Indopolling Wilhelmus Wempy Hadir mengatakan bahwa keenam partai itu adalah PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, dan PKS. Popularitas ini berdasarkan pertanyaan tertutup.

“PDIP masih unggul dengan elektabilitas sebesar 26,4 persen. Sedangkan Gerindra berada pada posisi kedua dengan 14,6 persen, dan Golkar 11,1 persen,” katanya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Persentase partai lainnya yang lolos adalah Demokrat 7,5 persen, PKB 6,2 persen, dan PKS 4,4 persen. Sementara itu partai yang harus berjuang mencapai 4 persen adalah PAN 3,7 persen, PPP 3,4 persen,  Nasdem 2,5 persen, dan Perindo 1,3 persen.

Mereka harus bisa merebut suara pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 16,6 persen jika ingin melewati ambang batas.

“Partai-partai dengan elektabilitas di bawah 1 persen seperti Hanura, PSI, PBB, Berkarya, PKPI, dan Garuda berpotensi gagal masuk ke Senayan,” jelasnya.

Indopolling melakukan survei pada 3 hingga 8 April dengan jumlah responden 1.080 orang. Tingkat kepercayaan dari survei ini sebesar 95 persen dengan kesalahan kurang lebih 2,98 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei Pemilu 2019 parliamentary threshold
Editor : Akhirul Anwar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top