Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indopolling Network : Enam Partai Lolos Parlemen, PAN dan PPP Kurang Sedikit

Lembaga survei Indopolling Network merilis hasil penelitian terkait pemilihan umum serentak 2019. Untuk legislatif, hanya ada 6 dari 16 partai yang bakal lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga survei Indopolling Network merilis hasil penelitian terkait pemilihan umum serentak 2019. Untuk legislatif, hanya ada 6 dari 16 partai yang bakal lolos ambang batas parlemen 4 persen.

Direktur Indopolling Wilhelmus Wempy Hadir mengatakan bahwa keenam partai itu adalah PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, dan PKS. Popularitas ini berdasarkan pertanyaan tertutup.

“PDIP masih unggul dengan elektabilitas sebesar 26,4 persen. Sedangkan Gerindra berada pada posisi kedua dengan 14,6 persen, dan Golkar 11,1 persen,” katanya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Persentase partai lainnya yang lolos adalah Demokrat 7,5 persen, PKB 6,2 persen, dan PKS 4,4 persen. Sementara itu partai yang harus berjuang mencapai 4 persen adalah PAN 3,7 persen, PPP 3,4 persen,  Nasdem 2,5 persen, dan Perindo 1,3 persen.

Mereka harus bisa merebut suara pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 16,6 persen jika ingin melewati ambang batas.

“Partai-partai dengan elektabilitas di bawah 1 persen seperti Hanura, PSI, PBB, Berkarya, PKPI, dan Garuda berpotensi gagal masuk ke Senayan,” jelasnya.

Indopolling melakukan survei pada 3 hingga 8 April dengan jumlah responden 1.080 orang. Tingkat kepercayaan dari survei ini sebesar 95 persen dengan kesalahan kurang lebih 2,98 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper