Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KENAL DAPIL : Kumpulan Caleg Selebritas di Dapil Jabar I

Masih ingat politisi gaek Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong? Siapa yang kini menjadi penggantinya di Dapil Jabar I.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 10 April 2019  |  17:25 WIB

Kabar24.com, JAKARTA — Partai politik berlomba-lomba menjadikan para selebritas sebagai calon anggota legislatif atau caleg di Daerah Pemilihan Jawa Barat I.

Strategi memasang selebritas berbuah hasil ketika diterapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pileg 2014. Ketika itu, pembawa acara Junico Siahaan atau Nico Siahaan berhasil melenggang ke Senayan dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jabar I, mengungguli enam caleg terpilih lainnya.

Pada Pileg 2019, figur tenar dari lebih banyak parpol menghiasi daftar calon tetap anggota DPR Dapil Jabar I. PDIP hendak mengulangi keberhasilan 5 tahun lalu dengan memasang kembali Nico plus pemain sinetron Kirana Larasati.

Partai Golkar mencantolkan selebriti senior yakni penyanyi Tetty Kadi dan pemain film Nurul Arifin yang memang sudah lama menjadi kadernya. Ditinggal politisi gaek Popong Otje Djundjunan membuat Golkar bekerja keras menggarap Dapil Jabar I. Partai Beringin juga menawarkan wajah baru sosok Gaya Kartasasmita, anak dari politisi senior Ginandjar Kartasamita.

Partai Amanat Nasional (PAN) menjagokan pemain sinetron Virnie Syafitri. Adapun, Partai Nasdem memasang penyiar senior Muhammad Farhan dan penyanyi pop Citra Skolastika.

Bintang iklan yang juga legenda bulu tangkis Ricky Achmad Soebagdja turut bertarung di Dapil Jabar I lewat Partai Demokrat. Lima tahun silam, dia sudah menjadi caleg dari Partai Nasdem, tetapi gagal mendapatkan kursi.

Parpol pendatang baru, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), tak ketinggalan memasang selebriti. Perindo dengan pembawa acara Choky Sitohang dan PSI dengan vokalis musik Giring Ganesha.

Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi adalah kawasan urban yang barangkali bisa terpikat dengan para selebriti. Namun, politisi murni semacam Happy Bone Zulkarnain dari Golkar dan Ledia Hanifa dari Partai Keadilan Sejahtera tentu tidak ingin dipecundangi oleh para politisi debutan.

Tujuh kursi DPR kuota Dapil Jabar I mungkin terlalu sedikit untuk menampung banjir caleg beken. Pemilihlah yang memutuskan apakah mereka ingin diwakili oleh artis atau pekerja politik.

PETAHANA DAPIL JABAR I 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ketut Sustiawan 
Junico Siahaan 
Partai Golkar Popong Otje Djundjunan 
Partai Gerindra Sodik Mudjahid 
Partai Demokrat Agung Budi Santoso 
Partai Keadilan Sejahtera Ledia Hanifa Amaliah 
Partai Hanura Timbul P. Manurung 

PEMILIH DAPIL JABAR I 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Kota Bandung 1.734.652 
Kota Cimahi 380.292 
Total 2.114.944 

PEROLEHAN SUARA PARPOL PILEG 2014 DAPIL JABAR I 

Partai Politik 

Suara 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 329.095 
Partai Gerindra 220.728 
Partai Keadilan Sejahtera 165.442 
Partai Golkar  149.982 
Partai Demokrat 115.236 
Partai Hanura 99.538 
Partai Nasdem 96.979 
Partai Persatuan Pembangunan 90.496 
Partai Amanat Nasional 63.390 
Partai Kebangkitan Bangsa 56.098 
Partai Bulan Bintang 34.090 
Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 9.644 

Total  

1.430.718 

Sumber: DPR, KPU 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jabar selebritis caleg dapil
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top