Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENAL DAPIL : Kumpulan Caleg Selebritas di Dapil Jabar I

Masih ingat politisi gaek Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong? Siapa yang kini menjadi penggantinya di Dapil Jabar I.

Kabar24.com, JAKARTA — Partai politik berlomba-lomba menjadikan para selebritas sebagai calon anggota legislatif atau caleg di Daerah Pemilihan Jawa Barat I.

Strategi memasang selebritas berbuah hasil ketika diterapkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pileg 2014. Ketika itu, pembawa acara Junico Siahaan atau Nico Siahaan berhasil melenggang ke Senayan dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jabar I, mengungguli enam caleg terpilih lainnya.

Pada Pileg 2019, figur tenar dari lebih banyak parpol menghiasi daftar calon tetap anggota DPR Dapil Jabar I. PDIP hendak mengulangi keberhasilan 5 tahun lalu dengan memasang kembali Nico plus pemain sinetron Kirana Larasati.

Partai Golkar mencantolkan selebriti senior yakni penyanyi Tetty Kadi dan pemain film Nurul Arifin yang memang sudah lama menjadi kadernya. Ditinggal politisi gaek Popong Otje Djundjunan membuat Golkar bekerja keras menggarap Dapil Jabar I. Partai Beringin juga menawarkan wajah baru sosok Gaya Kartasasmita, anak dari politisi senior Ginandjar Kartasamita.

Partai Amanat Nasional (PAN) menjagokan pemain sinetron Virnie Syafitri. Adapun, Partai Nasdem memasang penyiar senior Muhammad Farhan dan penyanyi pop Citra Skolastika.

Bintang iklan yang juga legenda bulu tangkis Ricky Achmad Soebagdja turut bertarung di Dapil Jabar I lewat Partai Demokrat. Lima tahun silam, dia sudah menjadi caleg dari Partai Nasdem, tetapi gagal mendapatkan kursi.

Parpol pendatang baru, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), tak ketinggalan memasang selebriti. Perindo dengan pembawa acara Choky Sitohang dan PSI dengan vokalis musik Giring Ganesha.

Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi adalah kawasan urban yang barangkali bisa terpikat dengan para selebriti. Namun, politisi murni semacam Happy Bone Zulkarnain dari Golkar dan Ledia Hanifa dari Partai Keadilan Sejahtera tentu tidak ingin dipecundangi oleh para politisi debutan.

Tujuh kursi DPR kuota Dapil Jabar I mungkin terlalu sedikit untuk menampung banjir caleg beken. Pemilihlah yang memutuskan apakah mereka ingin diwakili oleh artis atau pekerja politik.

PETAHANA DAPIL JABAR I 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Ketut Sustiawan 

Junico Siahaan 

Partai Golkar 

Popong Otje Djundjunan 

Partai Gerindra 

Sodik Mudjahid 

Partai Demokrat 

Agung Budi Santoso 

Partai Keadilan Sejahtera 

Ledia Hanifa Amaliah 

Partai Hanura 

Timbul P. Manurung 

PEMILIH DAPIL JABAR I 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Kota Bandung 

1.734.652 

Kota Cimahi 

380.292 

Total 

2.114.944 

PEROLEHAN SUARA PARPOL PILEG 2014 DAPIL JABAR I 

Partai Politik 

Suara 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

329.095 

Partai Gerindra 

220.728 

Partai Keadilan Sejahtera 

165.442 

Partai Golkar  

149.982 

Partai Demokrat 

115.236 

Partai Hanura 

99.538 

Partai Nasdem 

96.979 

Partai Persatuan Pembangunan 

90.496 

Partai Amanat Nasional 

63.390 

Partai Kebangkitan Bangsa 

56.098 

Partai Bulan Bintang 

34.090 

Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia 

9.644 

Total  

1.430.718 

Sumber: DPR, KPU 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper