Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arus Imigran Tak Berhenti, Presiden Trump Setop Bantuan Dana untuk Negara Amerika Latin

Pemerintah AS menghentikan bantuan dana untuk negara-negara Amerika Latin karena tak bisa menghentikan warganya mencari suaka ke AS.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 31 Maret 2019  |  07:04 WIB
Arus Imigran Tak Berhenti, Presiden Trump Setop Bantuan Dana untuk Negara Amerika Latin
Para imigran menyeberangi sungai di dekat proyek pembangunan tembok perbatasan antar El Paso dan Ciudad Juarez, di wilayah Meksiko, Selasa 5 Februari 2019. - Reuers/Jose Luis Gonzalez

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden AS Donald Trump akan menghentikan aliran dana bantuan untuk sejumlah negara Amerika Latin karena dinilai tak bisa menghentikan arus imigran ke negara itu.
 
Pemerintah AS menyatakan ada tiga negara yang dana bantuannya dihentikan, yakni El Salvador, Guatemala, dan Honduras. Ketiganya dikenal sebagai Northern Triangle atau Segitiga Utara.
 
"Kami melakukan perintah Presiden dan mengakhiri program bantuan asing untuk Northern Triangle," terang Juru Bicara Departmen Luar Negeri AS, seperti dilansir Reuters, Minggu (31/3/2019).
 
Namun, kebijakan itu masih memerlukan persetujuan dari Kongres AS untuk bisa diberlakukan secara efektif. Kebijakan itu diperkirakan berdampak terhadap dana bantuan yang nilainya sekitar US$700 juta.
 
Pada Jumat (29/3), Trump menyatakan bahwa negara-negara itu sengaja membuat sejumlah rombongan pengungsi untuk kemudian dikirimkan ke AS. Jumlah pengungsi yang mencari suaka di AS dari ketiga negara itu meningkat signifikan dalam beberapa waktu terakhir. 
 
"Kita memberikan mereka US$500 juta. Kita membayar mereka dengan jumlah uang yang besar dan kita tidak akan membayar lagi karena mereka tidak melakukan apapun untuk kita," paparnya. 
 
Trump juga mengancam akan menutup perbatasan dengan Meksiko pada pekan ini jika negara tetangganya itu tidak menghentikan arus imigran yang menuju AS. Jika direalisasikan, maka kebijakan itu berpotensi mengganggu arus keluar masuk resmi perbatasan kedua negara dan berdampak terhadap perdagangan AS-Meksiko yang bernilai miliaran dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat kebijakan imigrasi trump

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top