Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelapkan Dana Umat, Asisten Zakir Naik Bantah Terlibat Pencucian Uang

Najmudin Sathak, pembantu pengkhotbah Islam, Zakir Naik membantah bahwa dirinya terlibat dalam membantu pencucian uang milik bosnya.
Zakir Naik/Istimewa
Zakir Naik/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Najmudin Sathak, pembantu  pengkhotbah Islam, Zakir Naik membantah bahwa dirinya terlibat dalam membantu pencucian uang milik bosnya.

Sathak, seorang penjual perhiasan, ditangkap Jumat (22/3/2019), oleh Badan Pencegahan Pencucian Uang India (PMLA).

Dia dituduh membantu Zakir Naik dengan mentransfer dana dari sumber yang meragukan dari UEA (Uni Emirat Arab). Tujuannya untuk memfasilitasi produksi dan penyiaran video yang disebut menyebarkan kebencian komunal dan radikalisasi komunitas tertentu.

Dalam pembelaannya di hadapan hakim khusus PMLA, M S Azmi, Sathak mengatakan tidak ada yang menunjukkan bahwa Zakir Naik "mengakuisisi atau berurusan dengan properti apa pun" yang diperoleh melalui kejahatan sebagaimana dikutip situs Business-standard.com, Kamis (28/3/2019).

Direktorat Penegakan Hukum India (DE) menuduh bahwa Sathak mengirim sekitar Rs50 crore ke Zakir Naik, yang kemudian dicuci secara ilegal.

Sathak adalah Direktur Global Broadcasting Corporation FZE LLC yang memiliki saluran TV Zakir Naik.

Pemerintah India menuduh bahwa Global Broadcasting "dikendalikan" oleh Zakir Naik  yang saat ini berada di Malaysia melalui Sathak, "ajudannya yang dipercaya".

Zakir Naik telah diselidiki sejak 2016, ketika Pemerintah India melarang Yayasan Penelitian Islam (IRF) miliknya melakukan kegiatan selama lima tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper