Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BEASISWA : Taiwan Tawarkan Kesempatan Kuliah untuk Pelajar Indonesia

12 Perguruan tinggi di Taiwan menawarkan kesempatan kuliah dengan beasiswa untuk para pelajar dari Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan.
Beasiswa/ilustrasi
Beasiswa/ilustrasi

Bisnis.com, BANJARMASIN - Para pelajar Indonesia mendapat kesempatan untuk melanjutkan kuliah di Taiwan. 

Sebanyak 12 perguruan tinggi terbaik asal Taiwan hadir di Banjarmasin mengikuti pameran pendidikan tinggi bertajuk "Taiwan Higher Education Fair 2019". Mereka menawarkan beasiswa kepada pelajar Indonesia.

"Kami ingin agar murid-murid di Banjarmasin dapat informasi tentang pendidikan tinggi di Taiwan melalui pameran ini," kata Project SpecialistTaiwan Education Center Indonesia Janice Esmeralda di Banjarmasin, Kamis (14/3/2019).

Dikatakan Janice, mereka hadir khusus mengunjungi Kota Seribu Sungai untuk menggelar pameran yang berlangsung di Grand Ballroom Hotel Mercure Banjarmasin.

Kehadiran sejumlah universitas terkemuka di Taiwan, termasuk National Taiwan University yang merupakan perguruan tinggi terbaik dan peringkat pertama di negara Asia Timur itu harus bisa dimanfaatkan pelajar sebaik-baiknya.

"Ini kesempatan terbaik bagi yang mungkin berminat kuliah di Taiwan. Apalagi sekarang Taiwan juga lagi membuka banyak beasiswa. Targetnya, semakin banyak murid di Indonesia termasuk asal Kalimantan Selatan yang kuliah ke Taiwan," tutur Janice.

Kualitas pendidikan tinggi di negara yang beribukota di Taipei itu dijamin kemajuannya, tumbuh pesat dalam pengembangan teknologi informasi. Terlebih bahasa utamanya Mandarin yang sudah mulai menjadi bahasa internasional setelah Bahasa Inggris.

Sementara itu Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi mengaku turut senang dan bangga atas berkenannya 12 perguruan tinggi asal Taiwan bisa menggelar promosi secara langsung di Banjarmasin.

Apalagi ULM juga berhasil merealisasikan kerja sama dalam bentuk penandatanganan Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU). Sehingga ULM terus mengepakkan sayapnya ke luar negeri melalui jalinan kerja sama internasional tersebut.

"Dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia, ULM terpilih. Tentu ada kepercayaan dari akademisi di Taiwan terhadap kualitas pembelajaran yang kita bangun dan jalankan saat ini," kata Sutarto yang didampingi Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Humas Prof Dr Ir H Yudi Firmanul Arifin dan Direktur Kantor Urusan Internasional ULM Arief Budiman.

Di sisi lain, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang didaulat membuka pameran juga turut memberikan apresiasi kepadaTaiwan Education Center Indonesia.

"Yang jadi istimewa, hanya ada dua tempat digelarnya pameran ini, yakni sebelumnya di Bandung dan sekarang di Banjarmasin. Tentu ada peran ULM yang besar juga dalam terwujudnya kegiatan ini," kata Ibnu.

Ibnu Sina juga meyakini bahwa Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan secara umum telah dilirik perguruan tinggi luar negeri seperti Taiwan sebagai pasar mencari mahasiswa.

"Kami ucapkan selamat juga kepada ULM telah berhasil menjalin kerja sama dengan universitas terkemuka di Taiwan yang rata-rata masuk ranking 100 besar dunia," pungkas Ibnu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper