Indonesia Akan Buka Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Rusia

Saat ini ada sekitar 600 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Rusia. Jumlah itu akan bertambah karena setiap tahun Rusia memberi kuota beasiswa 160 kursi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  13:50 WIB
Indonesia Akan Buka Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Rusia
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dan Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi usai mengadakan pertemuan di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (27/2/2019) - Denis Riantiza M

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia berencana membuka Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Kedutaan Besar Republik Indonesia Moscow Rusia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Kantor Kemendikbud, Jakarta Rabu (27/2/2019).

"Membahas rencana membuka Atdikbud. Memang sedang proses dan dari KBRI Moscow sangat mendukung," ujar Wahid.

Menurutnya, penempatan Atdikbud di Moscow sangat diperlukan mengingat jumlah pelajar Indonesia di Rusia cukup banyak.

Wahid menuturkan, saat ini ada sekitar 600 mahasiswa yang menimba ilmu di Rusia. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena setiap tahun Rusia memberikan kuota beasiswa sekitar 160 kursi.

"Itu akan ditambah lagi. Belum kerja sama antar universitas. Dalam 2-3 tahun ini sudah ada 15 universitas. Jadi memang perlu adanya seorang Atdikbud di sana," katanya.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, rencana pembukaan Atdikbud tersebut prosesnya sedang diusulkan ke Kementerian Luar Negeri.

"Sedang diusulkan di Kemenlu. Tinggal menunggu saja persetujuan dari Menlu," kata Muhadjir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top