Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim KKN UNS Kolaborasi dengan UMS Malaysia Gelar Perhelatan Silang Budaya

Tim KKN Sabah UNS 2019 bekerjasama dengan Universiti Malaysia Sabah (UMS) mengadakan perhelatan Silang Budaya. Perhelatan ini menjadi ajang unjuk persahabatan antara Indonesia dan Malaysia.
Sumber: Istimewa
Sumber: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah perhelatan Silang Budaya telah mempertemukan 19 mahasiswa Indonesia yang tengah melaksanakan kegiatan KKN UNS 2019 di Sabah dengan ratusan mahasiswa dari Universiti Malaysia Sabah (UMS).

Digelar pada Rabu (20/2/2019) di Gedung Dewan Resital UMS, perhelatan ini menjadi ajang unjuk persahabatan antara kedua negara tetangga, Indonesia dan Malaysia.

Silang Budaya merupakan salah satu program kerja Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sabah dari Universitas Sebelas Maret (UNS), bekerja sama dengan Fakulti Kemanusiaan, Seni dan Warisan (FKSW) dari UMS.

Ketua Tim KKN Sabah UNS 2019 Rosyid Nur Yunianto mengungkapkan, selain merupakan program KKN, perhelatan tersebut diadakan sebagai diplomasi budaya untuk dapat mengangkat nama kampus dan negara.

“Mumpung berada di negeri seberang, kita ambil kesempatan ini. Harapan setelah diadakan diplomasi budaya ini, hubungan antara Indonesia dengan Malaysia makin dekat seperti layaknya sahabat dan menjalin relasi internasional,” ujarnya, Kamis (21/2/2019).

Dalam perhelatan tersebut, sejumlah pertunjukan budaya ditampikan dengan sangat meriah. Diantaranya, Tari Exotic Borneo yang dibawakan oleh mahasiswa UMS dan Tari Sajojo yang ditampilkan oleh mahasiswa dari tim KKN Sabah UNS.

Acara makin seronok dengan didendangkannya beberapa lagu yang dinyanyikan bersama-sama, seperti lagu ‘Sahabat’ yang merupakan soundtrack film animasi asal Negeri Jiran, Upin dan Ipin serta lagu rakyat Sabah berjudul ‘Sumandak Sabah’.

Turut hadir dalam perhelatan tersebut Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu Sabah Malaysia Krishna Djelani, Wakil Dekan Bidang Pelajar dan Alumni FKSW UMS Mohammad Puad Bebit, dan dosen bidang Pendidikan Bahasa dan Seni Rupa UNS sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Sabah UNS 2019 Slamet Subiyantoro. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eva Rianti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper