Wagub Uu : Pemprov Jabar Akan Pindah ke Tegalluar

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara mengejutkan mengklaim Pusat Pemerintahan Pemprov Jawa Barat akan pindah ke Tegalluar, Kabupaten Bandung dari Gedung Sate, Bandung.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 21 Februari 2019  |  14:43 WIB
Wagub Uu : Pemprov Jabar Akan Pindah ke Tegalluar
Sebuah alat berat backhoe beraktivitas pada proyek pembuatan jalan yang menghubungkan Gedebage dan Majalaya di Desa Tegalluar-Bojongsoang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. - Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG—Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara mengejutkan mengklaim Pusat Pemerintahan Pemprov Jawa Barat akan pindah ke Tegalluar, Kabupaten Bandung dari Gedung Sate, Bandung.
 
Uu mengatakan rencana pemindahan tersebut sudah dibahas dengan mempertimbangkan kondisi terkini keberadaan Gedung Sate sebagai pusat pemerintahan.
 
“Di sini kan macet. Kemudian kan [kantor] pemerintah di sini acak-acakan [terpisah],” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (21/2/2019).
 
Menurutnya berdasarkan pengalaman, saat dirinya membutuhkan kehadiran organisasi perangkat dinas yang berada di luar Gedung Sate, dirinya harus menunggu lama karena stafnya terjebak kemacetan.
 
“ Terasa sama saya di saat saya butuh dinas minimal nunggu 20 menit itu yang dekat. Sementara tamu menunggu, kebijakan dibutuhkan oleh masyarakat. Maka mungkin?” ujarnya.
 
Menurutnya dalam rapat yang dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil salah satu solusi mengatasi persoalan ini dengan memindahkan pemerintahan ke wilayah Tegalluar.

“Dan itu menurut kami dibutuhkan untuk koordinasi bersama dinas dengan satu kawasan,” katanya.
 
Saat ditanya kapan rencana tersebut akan dieksekusi Uu menyebut saat ini masih dalam tahap pembahasan meskipun tak menutup harapan agar bisa diwujudkan dalam masa kepemimpinan Ridwan Kamil dengan dirinya.
 
“Ya mudah-mudahan dalam kepemimpinan kami sudah dipindahkan. Sementara fungsi gedung ini bisa dimanfaatkan untuk yang lain. Sudah dikomunikasikan tapi masih non formal,” katanya.
 
Di tempat yang sama Kepala Bappeda Jabar Taufiq BS memastikan rencana pemindahan pusat pemerintahan masih membutuhkan proses yang panjang.

Saat ini pihaknya baru dalam tahap pengkajian. “Tegalluar salah satu yang dikaji, belum fix,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar, tegalluar

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top