Menko Luhut : Dana Citarum Harum Rp605 Miliar Cair 15 Maret

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan dana bantuan pusat untuk Program Citarum Harum Juara akan cair pada Maret mendatang.
Wisnu Wage Pamungkas | 19 Februari 2019 16:50 WIB

Bisnis.com, BANDUNG--Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan dana bantuan pusat untuk Program Citarum Harum Juara akan cair pada Maret mendatang.

Menko Luhut mengatakan sejak digalakkan pada Maret 2018 lalu program Citarum Harum Juara sudah menunjukan progres yang baik. Ia pun memastikan dana bantuan dari pusat akan diserahkan pada tanggal 12 Maret 2019 sebesar Rp605 Milyar.

"Gerakan Citarum ini kan baru 9 bulan karena mulainya maret 2018 tapi setelah Pak Gubernur tadi membuat program siapa membuat apa dengan jelas dan dana akan turun 15 maret nanti sebesar Rp605 M secara bertahap dengan begitu saya yakin proses Citarum ini akan lebih baik dan cepat," katanya dalam acara Citarum Expo 2019, di Gedong Sabilulungan, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/19).

Ia mengatakan, saat ini dunia internasional sudah melihat bahwa Indonesia sangat serius terhadap upaya pemulihan lingkungan.

"Jadi sekarang gaungnya sudah dilihat oleh internasional bahwa Indonesia serius, mereka kagum sama kita, nanti tanggal 12 maret akan ada pertemuan dunia dan tokoh internasional akan hadir membahas masalah lingkungan," jelasnya.

Luhut mengaku mengapresiasi expo Citarum 2019 karena banyak pihak yang peduli terhadap kondisi Citarum. "Betapa banyaknya yang sudah dilakukan masyarakat untuk memperbaiki Citarum saya lihat dari expo ini, banyak inovasinya," tuturnya.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil girang setelah Menko Kemaritiman memastikan bahwa anggaran pemerintah pusat untuk penanganan sungai citarum akan diserahkan pada bulan Maret mendatang.

Anggaran tersebutuntuk menunjang kinerja seluruh Sektor di DAS Citarum dan keperluan peralatan."Anggaran dari pusat dua minggu lagi cair itu kata Pak Luhut dan ini untuk Dansektor semua," ujarnya.

Dalam waktu dekat Ia pun akan menghibahkan gedung kantor yang akan dijadikan pusat komando Citarum Harum Juara yang berlokasi di Jalan Naripan Kota Bandung.

Gedung eks kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar ini akan digunakan untuk rapat dan bisa memantau seluruh aktivitas di DAS Citarum melalui Command Center yang terpasang.

"Dalam waktu dekat kami akan dedikasikan gedung pusat komando Citarum Harum Juara di bekas kantor DLH, ditambah ada command centernya," katanya di lokasi yang sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sungai citarum, Luhut Pandjaitan

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top