Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEBAT CAPRES PUTARAN II: Lukman Sardi Harap Lebih Cair

Aktor Lukman Sardi berharap debat capres putaran II yang akan berlangsung Minggu (17/2/2019) malam bisa lebih cair dibanding debat capres putaran I.
Lukman Sardi/Antara
Lukman Sardi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor Lukman Sardi berharap debat capres putaran II yang akan berlangsung Minggu (17/2/2019)  malam bisa lebih cair dibanding debat capres putaran I.

"Harapannya bisa lebih cair, lebih bisa saling melihat kelebihan dan kekurangan bukan secara personal tapi bisa melihat kelebihan dan kekurangan program tersebut," ujar Lukman di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Lukman Sardi juga berharap masing-masing pasangan calon presiden dan wakilnya bisa lebih menjelaskan program kerjanya tanpa harus saling menjatuhkan.

"Ini bisa jadi contoh yang baik bahwa pemimpinnya saja bisa merespons dengan baik, masa kita sebagai suporter enggak bisa. Mereka bisa berdiskusi, berdebat untuk program yang dicapai. Sebagai manusia pasti ada keselnya tapi sebagai politisi negara harusnya bisa di-manage sih," lanjutnya.

Adu argumen dalam sebuah debat merupakan hal yang wajar, namun bukan berarti harus menyerang secara personal. Setiap kandidat harus bisa menegaskan program kerjanya.

"Kalau ada arus yang kenceng enggak masalah asal dijaga, yang penting debatnya untuk meyakinkan masyarakat sehingga akhirnya masyarakat tahu mana yang disetujui bukan jadi perseteruan dua orang, itu enggak asyik. Tapi kalau mereka bisa mempertahankan argumennya, itu baru bener," kata Lukman Sardi.

Bagi bintang "Orang Kaya Baru" itu, ajang debat capres semacam ini merupakan budaya yang masih baru di Indonesia. Ia menganggap debat  merupakan cara efektif untuk meyakinkan masyarakat terhadap calon pemimpinnya.

"Di era reformasi demokrasi ini penginnya supaya ada keterbukaan supaya masyarakat tahu apa yang akan dilakukan calon mereka, apa sih planning-nya, apa program mereka, supaya bisa melihat langsung seperti apa mereka merepresentasikan apa yang mereka buat," demikian Lukman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper