Pendaftaraan SNMPTN, Ini 5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Peringkat Dunia Tertinggi

Persaingan memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri sudah dimulai. SNMPTN sebagai salah satu cara untuk bisa menjadi mahasiswa kampus negeri sudah dibuka, tapi apakah kamu sudah menentukan pilihan kampus negeri mana untuk dijadikan tempat berlabuh?
Ahmad Rifai | 04 Februari 2019 14:47 WIB
Peserta lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau lulus jalur undangan mengikuti arahan saat pendaftaran ulang di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Selasa (16/5). - Antara/Amplsa

Bisnis.com, JAKARTA – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN sudah dibuka sejak Senin (4/2/2019). Apakah ada yang masih bingung memilih perguruan tinggi negeri maupun jurusan yang dituju?

Sebelumnya, kamu harus memastikan lagi persiapan dan tahapan pendaftaran untuk ikut SNMPTN tahun ini, kalau belum tahu bisa klik di link ini.

Para siswa yang lolos dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kini telah diperkenankan untuk melakukan pendaftaran melalui situs snmptn.ac.id. mulai pukul 08.00 WIB.

Sebelum mulai mendaftar SNMPTN, ihwal paling penting yang harus dilakukan adalah menentukan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan program studi (prodi) apa yang tepat untuk kamu.

Bisnis merangkum beberapa universitas atau PTN Indonesia yang memiliki peringkat paling tinggi di dunia berdasarkan situs QS Top Universities. Selain itu, ada juga rekomendasi jurusan favorit dari perguruan tinggi top tersebut.

Peringkat PTN dihitung dengan menggabungkan beberapa indikator seperti, reputasi akademik (AR) dan pegawainya (ER), fasilitas mahasiswa (FS), keberadaan fakultas (IF) dan mahasiswa internasional (IS), serta citations per fakultas (CF) dengan skala skor dari 0 hingga 100. Berikut perguruan tinggi negeri yang memiliki peringkat dunia tertinggi untuk periode 2019.

1. Universitas Indonesia

Perguruan tinggi negeri Indonesia

Universitas Indonesia mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki peringkat dunia tertinggi di Indonesia. Kampus yang khas dengan jaket kuningnya itu berada pada peringkat 292 dunia .

Peringkat UI sama dengan dua perguruan tinggi di Taiwan dan China yakni, Beijing Normal University dan National Yang Ming University. UI mengungguli Indian Institute of Technology Kharagpur dan Sun Yat-sen University.

Merujuk data QS Top Universities, skor keseluruhan UI adalah 34,8, dengan nilai mencolok pada indikator keberadaan universitasnya yang mencapai angka 93,9.

Adapun, UI mengklaim sebagai kampus yang secara simultan terus berusaha menjadi institusi akademik terkemuka di dunia.

Letak kampus yang cikal bakalnya telah terbentuk pada era pemerintah Kolonial Belanda tahun 1849 ini berada di perbatasan antara Depok dan Jakarta.

Berdasarkan data SBMPTN, dalam beberapa tahun terakhir prodi favorit di UI yakni Sastra Inggris, Hubungan Internasional, Gizi, dan Arsitektur.


2. Institut Teknologi Bandung

perguruan tinggi negeri indonesia

Institut Teknologi Bandung (TB) bertengger pada posisi kedua sebagai universitas top di Indonesia dan 359 di dunia.

Merujuk data QS Top Universities, skor keseluruah ITB adalah 30,4

Civitas akademik yang didirikan pada 2 Maret 1959 ini merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia.

Per 14 Oktober 2013, ITB telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) sehingga memiliki otonomi pengelolaan dalam bidang akademik dan non-akademik.

Tercatat ada 27 program studi ITB yang telah terakreditasi secara internasional.

Prodi yang menjadi favorit di ITB adalah Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, serta Sekolah Bisnis dan Manajemen.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga punya julukan sebagai kampus biru merupakan universitas top ketiga di Indonesia dan berada di urutan 391 dunia.

Merujuk data QS Top Universities, skor keseluruhan UGM adalah 28,6.

Dalam keterangan situs resminya, UGM menyebut dirinya mengantongi jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Universitas yang letaknya ada di kota Yogyakarta ini merupakan universitas pertama yanga didirkan setelah Indonesia merdeka.

Pada SMNPTN 2018, prodi bidang IPA yang menjadi favorit adalah Farmasi, Kedokteran, dan Ilmu Komputer. Sedangkan prodi yang banyak peminat di bidang IPS adalah Manajemen, Akutansi, dan Psikologi.


4. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran (Unpad) berada di posisi keempat sebagai universitas top di Indonesia dan peringkatnya secara dunia berada di posisi 651-700.

Universitas yang berlokasi di Jatinangor, Sumedang ini didirikan pada 11 September 1957 dengan menggunakan nama kerajaan Sunda yang dipimpin Raja Prabu Siliwangi yakni Kerajaan Padjadjaran.

Mengutip pada halaman resmi kampus, Unpad mendaku sebagai PTN dengan peminat terbanyak se-Indonesia pada SNMPTN dan SBMTPN berturut-turut sejak tahun 2012 hingga 2018.

Deretan prodi yang menjadi favorit di Unpad adalah Teknik Informatika, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Statistika, Hubungan Internasional, Manajemen, Akutansi, hukum, dan Psikologi.

5. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian bogor (IPB) sebelum diresmikan berdiri secara independen pada 1 September 1963 merupakan fakultas pertanian di UI.

IPB menduduki peringkat kelima di Indonesia dan secara global berada di kisaran urutan 701-750.

Yang unik dari kampus yang terletak di kota Bogor ini, pihak civitas mendeklarasikan IPB sebagai kampus hijau atau kampur konservasi. Rimbunnya pepohonan ditata secara apik dan ada berbagai jenis satwa yang hidup seara bebas.

Prodi IB yang paling diminati pada SBMPTN 2018 yakni Ilmu Gizi, Agribisnis, Ilmu Komputer, Manajemen, Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknologi Pangan, Agronomi dan Hortikulutra, Komunikasi, dan Pengembangan Masyarakat, Teknologi Industri Pertanian, dan Aktuaria.

Jadi, apakah kamu sudah putuskan pilihan mau kuliah di perguruan tinggi negeri yang mana?

Tag : snmptn
Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top