Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Mbah Moen Salah Sebut Prabowo, MUI: Jangan Dibuat Polemik Berkepanjangan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak untuk mengakhiri polemik do'a KH Maimun Zubir alias Mbah Moen yang mendo'akan Prabowo Subianto jadi presiden Indonesia saat Capres Jokowi berada di sampingnya.
Detik-detik KH Maimun Zubair alias Mbah Moen salah ucap Prabowo saat berdoa di sebelah Jokowi. Video koleksi MIMUS di Youtube
Detik-detik KH Maimun Zubair alias Mbah Moen salah ucap Prabowo saat berdoa di sebelah Jokowi. Video koleksi MIMUS di Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak untuk mengakhiri polemik do'a KH Maimun Zubir alias Mbah Moen yang mendo'akan Prabowo Subianto jadi presiden Indonesia saat Capres Jokowi berada di sampingnya.

"Polemik jangan dibuat larut berkepanjangan. Karena yang dimaksud dalam ajaran Islam, di hadis nabi tentang mendoakan pemimpin itu bukan dalam rangka memecah belah umat. Tapi justru agar umat tetap solid, kata Ketua Bidang Infokom MUI, KH Masduki Baidlowi kepada wartawan, Minggu (3/2/2019).

Dia menyayangkan kalau ada pihak yang menyalahgunakan untuk memecah belah yang tidak diajurkan agama.

Masduki mengatakan doa untuk pemimpin dianjurkan dalam agama. Doa tersebut, lanjutnya, ditujukan supaya pemimpin bisa membuat negara baik hingga akhirnya membuat rakyat sejahtera.

"Agar dia mampu seperti itu maka dia didoakan ulama, rakyat. Jadi rakyat itu memang dianjurkan berdoa agar pemimpin adil, berhasil," ucap Masduki.

Diketahui, polemik ini berawal dari video yang beredar luas di media sosial dan aplikasi pesan instan WhatsApp. Dalam video tersebut Mbah Moen berdoa menggunakan bahasa Arab dan mendo'akan Prabowo presiden Indonesia tepat di sebelah presiden Jokowi. 

Momen itu terjadi dalam acara 'Sarang Berdzikir untuk Indonesia Maju' di Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019) kemarin. Dalam acara ini, Jokowi juga didampingi istri, Iriana Jokowi.

Masduki juga mengaku sudah melihat video tersebut. Dengan memperhatikan ucapan dan gestur Mbah Moen, Masduki mengatakan ada kesalahan ucap dalam doa tersebut.

"Jadi memang itu namanya sabqul lisan. Terus kan ada penjelasan antara ucapan dengan menunjuk hadzar rais. Hadzar rais itu pemimpin ini. Dia menunjuk kan. Lalu dia menoleh ke Pak Jokowi. Tapi kemudian dia melakukan sabqul lisan dengan menyebut nama Pak Prabowo. Bahwa yang dimaksudkan bukan ke Pak Prabowo. Tapi maksudnya ke Pak Jokowi," ucap Masduki.

"Kedua, sudah ada klarifikasi bahwa 'saya sudah tua, saya 90 lebih'. Sehingga kalau ada keliru ucap, pemimpin yang saya maksud itu adalah Pak Jokowi. Pilihan saya adalah Pak Jokowi. Sehingga dengan demikian hal itu ter-nasakh atau terhapus dengan pernyataan terbaru," sambungnya.

Dia mengatakan ucapan 'hadzar rais' dan gestur menoleh jadi poin penting yang menegaskan soal sosok yang sebenarnya dimaksud Mbah Moen saat berdoa. Hadzar raisyang berarti pemimpin ini, kata Masduki, merujuk pada sosok Jokowi yang menjadi Presiden RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper