Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pompeo: Pertemuan Donald Trump & Kim Jong-un Digelar Akhir Februari di Asia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Rabu (30/1/2019) mengatakan pertemuan puncak Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan digelar di suatu tempat di Asia pada akhir Februari.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2019  |  23:55 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Rabu (9/5/2018), dalam foto yang disiarkan oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara, Kamis (10/5/2018), di Pyongyang. /KCNA - via REUTERS)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Rabu (9/5/2018), dalam foto yang disiarkan oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara, Kamis (10/5/2018), di Pyongyang. /KCNA - via REUTERS)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Rabu (30/1/2019) mengatakan pertemuan puncak Presiden Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan digelar di suatu tempat di Asia pada akhir Februari.

Pompeo mengungkapan bahwa dia sudah mengirim sebuah tim untuk mempersiapkan pertemuan tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan ‘Fox News Channel’, Pompeo mengatakan Korea Utara setuju untuk menggelar pertemuan kedua antara kedua pemimpin itu pada akhir Februari.

"Kami akan melakukannya di suatu tempat di Asia," kata Pompeo.

"Saya mengirim sebuah tim ke sana. Mereka ke sana untuk menetapkan dasar yang saya harap menjadi langkah tambahan penting, bukan hanya untuk denuklirisasi namun juga masa depan yang lebih cerah bagi rakyat Korea Utara," kata Pompeo.

Pompeo tidak menyebut nama lokasi pertemuan puncaknya. Vietnam pekan lalu mengatakan pihaknya tidak diberi tahu mengenai waktu atau tempat kemungkinan digelarnya pertemuanTrump-Kim. Meskipun demikian, Vietnam yakin pihaknya siap menggelar pertemuan semacam itu.

Para pejabat dan diplomat dua pekan lalu mengatakan Vietnam bersedia menjadi tuan rumah pertemuan tersebut dan dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Hanoi tengah mempersiapkan penyambutan kunjungan kenegaraan Kim.

Singapura, tempat Trump dan Kim bertemu pada Juni 2019, dan Bangkok juga sudah diberi tahu mengenai kemungkinan recana pertemuan puncak.

Pada Juni 2018, pertemuan pertama antara Presiden AS yang masih menjabat dan pemimpin Korea Utara itu menghasilkan sebuah komitmen yang masih samar mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea, upaya yang menurut Washington masih belum dilakukan secara konkret oleh Kim.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Korea Utara kim jong un Donald Trump

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top