Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tim Prabowo-Sandi Usul Panelis Debat Tidak dari Kalangan Pemerintah

KPU direncanakan tidak akan meminta masukan siapa yang akan menjadi panelis debat kedua capres kepada tim sukses peserta pilpres. Tim Prabowo-Sandi tidak mempermasalahkan meski ada beberapa catatan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  21:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum direncanakan tidak akan meminta masukan siapa yang akan menjadi panelis debat kedua capres kepada tim sukses peserta pilpres. Tim Prabowo-Sandi tidak mempermasalahkan meski ada beberapa catatan. 

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso mengatakan bahwa pihaknya berharap tim panelis bukan dari pejabat BUMN, kementerian, atau lembaga pemerintah lainnya.

“Hendaknya dicari dari tokoh-tokoh kampus, akademisi, LSM, dan lain-lain. Jadi tunggu saja tanggal mainnya,” katanya di media center Prabowo-Sandi, Selasa (22/1/2019).

Priyo menjelaskan bahwa pada dasarnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa menggunakan kewenangannya apakah akan memutus sendiri atau bersama tim sukses.

Akan tetapi, apabila timnya diminta masukan menyerahkan nama panelis, tentu sudah ada yang bakal diusung berdasarkan kapasitasnya pada tema debat.

“Kalau menetukan sendiri risikonya akan ada kritik. Tapi kalau ajak kami minimal ada tembok dalam menjelaskan,” jelasnya.

Panelis ini berfungsi membuat bank soal terkait tema besar dalam debat. Pertanyaan itu diserahkan kepada moderator dan akan dibacakan sesuai undian.

Debat kedua direncanakan berlangsung pada 17 Februari mendatang dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat ini khusus untuk calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Ada beberapa konsep yang dipastikan berbeda dari debat sebelumnya di antaranya tidak ada kisi-kisi bagi peserta debat, tidak ada penonton tepat di depan panggung, dan peran moderator sedikit lebih leluasa dalam membawa acara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Debat Capres prabowo-sandi
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top