Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEBAT CAPRES 2019: Irit Bicara saat Debat, Begini Alasan Ma'ruf Amin

Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin mengungkap alasannya tak terlalu banyak berbicara dalam Debat Pilpres 2019 putaran pertama di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019).
KH Ma'ruf Amin/Bisnis-Aziz Rahardyan
KH Ma'ruf Amin/Bisnis-Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA — Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin mengungkap alasannya tak terlalu banyak berbicara dalam Debat Pilpres 2019 putaran pertama di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019).

Ma'ruf Amin mengungkapkan alasan tersebut di kediamannya, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2019) bahwa porsi Debat Capres 2019 putaran pertama harus didominasi oleh calon presiden. Dalam hal ini, yaitu Capres nomor urut 01 Joko Widodo.

"Karena dia [Jokowi] presdien. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara, hal-hal yang perlu saya tambahkan saja," ungkap mantan Ketua MUI dan Rais Aam PBNU ini.

"Kalau sudah dijelaskan oleh presiden ya, saya tinggal menyetujui, mendukung, jangan seperti orang balapan ngomong, kaya saur manuk [lomba kicau burung]," tambah Ma'ruf Amin sembari bergurau.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga bahwa menjelaskan pertanyaan di Debat Capres 2019  yang menjurus kepada kinerja Jokowi sebagai Presiden RI ke-7, memang sudah seharusnya dijawab sendiri oleh Jokowi.

"Masalah yang banyak berkembang tadi malam itu masalah yang kebijakan, yang sudah dilakukan pak Jokowi [selama menjabat], kan tidak pantas saya yang jawab, yang lebih tau soal, pak Jokowi. Nah, begitu saya kira," ujar Ma'ruf Amin, kiai kelahiran Tangerang, 11 Maret 1943 ini.

Sebelumnya, beragam komentar ditujukan kepada performa Ma'ruf Amin usai menjalani debut perdananya di Debat Capres 2019.

Misalnya dari pihak BPN Prabowo-Sandiaga, politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) menyebut Ma'ruf Amin dianggap tidak menonjol dan tidak berkontribusi dalam acara Debat Capres 2019 putaran perdana.

"Hampir tak ada peran Kiai Ma'ruf Amin, saya melihat seperti itu," kata Amien ketika ditemui usai acara debat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Sementara itu dari pihak TKN Jokowi-Ma'ruf, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Oesman Sapta Odang justru mengapresiasi Ma'ruf yang sanggup menempatkan posisi dirinya dengan baik sebagai Cawapres dari presiden petahana dalam Debat Capres 2019 tersebut.

"Kalau [menurut] saya hebat. Dia dapat menahan dirinya untuk tidak menjawab, dia memberikan kesempatan untuk seorang presiden, karena dia wakil," ujar politisi senior yang akrab disapa OSO ini dalam kesempatan yang sama.

"Ini yang saya tangkap, ya. Saya tanya [Ma'ruf Amin] betul begitu? Dia senyum-senyum saja," ungkap OSO.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper