Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menteri Agama Bakal Buka Muktamar Sastra Pertama di Indonesia

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan membuka Muktamar Sastra yang pertama di Indonesia, Rabu (19/12/2018).
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 18 Desember 2018  |  22:14 WIB
Menteri Agama Bakal Buka Muktamar Sastra Pertama di Indonesia
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers mengenai penetapan 1 Syawal 1439 H usai menggelar sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan akan membuka Muktamar Sastra yang pertama di Indonesia, Rabu (19/12/2018).

Muktamar yang diperkirakan akan diikuti ratusan sastrawan ini berlangsung di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

"Menag dijadwalkan besok membuka Muktamar Sastra. Menag saat ini sudah di Surabaya usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke beberapa pesantren di Jombang," terang Kepala Biro Humas,  Data,  dan Informasi Kemenag Mastuki di Jakarta,  Selasa (18/12/2018) seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Menurut Mastuki, muktamar yang mengangkat tema "Menggali Kenusantaraan Membangun Kebangsaan" ini akan berlangsung hingga 20 Desember 2018.

"Tema ini sangat relevan dalam konteks kebangsaan saat ini. Publik perlu mendapat suguhan alternatif di luar persoalan politik. Semoga muktamar ini bisa meningkatkan kesadaran publik akan kekayaan sastra dan budaya Indonesia, khususnya di pesantren," ujarnya. 

Mastuki menambahkan, Indonesia kaya akan nilai dan budaya yang terekam dalam beragam karya sastra. Nilai-nilai ini perlu dimunculkan dan diinternalisasikan kepada warga bangsa. Nilai itu antara lain tentang kerukunan, tepa selira, saling mengormati, gotong-royong dan tenggang rasa.

"Dari jadwal yang saya peroleh,  muktamar ini didesain dalam sidang pleno dan diskusi panel. Gus Mus dijadwalkan akan menyampaikan pidato kebudayaan," tuturnya. 

Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir dalam Muktamar Sastra ini antara lain KH R Achmad Azaim Ibrahimy, KH D Zawawi Imron, KH Mutawakkil Alallah dan Emha Ainun Nadjib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menag
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top