Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Simpan Sejuta Potensi Kerja Sama dengan Pengusaha China

Indonesia dinilai masih menyimpa “sejuta” potensi kerja sama dengan para pelaku usaha asal China.
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat diwawancarai oleh reporter CCTV di depan gerai Indonesia./Dok. KBRI Beijing
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat diwawancarai oleh reporter CCTV di depan gerai Indonesia./Dok. KBRI Beijing

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dinilai masih menyimpa “sejuta” potensi kerja sama dengan para pelaku usaha asal China.

Djauhari Oratmangun, Duta Besar Republik Indonesia untuk China, mengatakan produk domestik bruto Indonesia terus meningkat.

"Indonesia adalah negara dengan berjuta peluang, bukan hanya karena GDP yang terus meningkat, daya tarik Indonesia semakin kuat karena kondisi geografis, populasi dan sumber daya manusia produktif yang berkwalitas serta sumber daya alam yang banyak," kata Djauhari di hadapan 500-an pengusaha China pada Sichuan Southward Opening (Xiamen) International Cooperation Conference yang diselenggarakan di Xiamen, China, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Minggu (16/12/2018).

Dalam kesempatan itu, Djauhari mengatakan pihaknya melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Provinsi Sichuan, Yang Xingping, Wakil Ketua CPPCC Provinsi Sichuan, Chen Fang, dan Wakil Wali Kota Chengdu, Liu Liedong serta Pimpinan Kamar Dagang Si huan dan Xiamen.

Sichuan merupakan provinsi terbesar di wilayah barat daya China dan memiliki jumlah populasi sebanyak 81 juta jiwa. Tahun 2017 GDP Provinsi Sichuan mencapai US $0,51 triliun atau merupakan salah satu provinsi dengan GDP yang masuk 10 besar di China. Pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat serta jumlah populasi yang besar, menjadikan Provinsi Sichuan sangat menarik bagi investor asing.

Hingga saat ini Provinsi Sichuan telah memiliki kerja sama sister city dengan Indonesia, antara lain Jawa Barat - Provinsi Sichuan dan Kota Medan - Kota Chengdu.

"Kedua belah pihak telah berdiskusi terkait upaya implementasi kerja sama komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok, khususnya Provinsi Sichuan, termasuk rencana melaksanakan forum bisnis Indonesia di Sichuan."

Adapun, konferensi tersebut diselenggarakan oleh Sichuan Provincial People’s Government bekerja sama dengan Sichuan Provincial Bureau of Economic Cooperation dan Sichuan Chamber of Commerce in Fujian.

Konferensi yang dihadiri oleh sekitar 500an peserta ini ditujukan untuk mempromosikan potensi dan keunggulan ekonomi Provinsi Sichuan, serta meningkatkan kerja sama di antara kaum pebisnis Provinsi ichuan dengan wilayah lainnya di China maupun di kalangan pebisnis internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper