Erick Thohir Puji Pidato Jokowi di Pembukaan IMF-WB di Bali

Presiden Joko Widodo kembali menarik perhatian publik lewat pidatonya dalam pembukaan IMF-WB di Bali, Jumat (12/10/2018).
Iim Fathimah Timorria | 12 Oktober 2018 14:25 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutannya pada acara The Bali Fintech Agenda dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF - WBG 2018 di Mangapura Hall, BICC, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). - ANTARA/Afriadi Hikmal

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kembali menarik perhatian publik lewat pidatonya dalam pembukaan IMF-WB di Bali, Jumat (12/10/2018).

Dalam pidato tersebut Jokowi membuat analogi yang mengibaratkan kondisi perekonomian global seperti serial Game of Thrones.

"Dengan banyak masalah yang cukup besar kita mengatakan winter is coming," ucap Jokowi meniru slogan House of Stark dalam serial tersebut.

Pidato Jokowi tersebut menuai apresiasi berbagai pihak. Termasuk dari Managing Director IMF Christine Lagarde.

Lagarde menilai apa yang disampaikan Jokowi begitu kuat sampai pihaknya tidak bisa memberikan hal serupa.

Senada dengan Lagarde, Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir juga memuji pidato tersebut. Ia menilai Jokowi telah menunjukkan kelasnya sebagai pemimpin dunia.

"Dengan analogi ini, Presiden Jokowi menyampaikan pesan moral kepada seluruh pemimpin dunia, bahwa kekuatan bersama itu penting untuk menghadapi ancaman global yang sedang meningkat pesat mulai dari perubahan iklim, sampah plastik, sampai ancaman global," tulis Erick dalam keterangan tertulis, Jumat (12/10/2018).

Erick juga menggarisbawahi pesan kerja sama yang disampaikan Presiden Jokowi. Menurutnya, saat ini dunia dihadapkan pada pilihan untuk melanjutkan rivalitas atau justru memulai kolaborasi.

Sebagaimana dalam kisah Game of Thrones, ancaman evil winter tidak akan menguntungkan para pihak yang berselisih. Semangat kerja sama untuk membangun tatanan dunia yang lebih baik adalah jawaban untuk menangkal ancaman perekonomian dunia.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top