Kasus Kebocoran Data Facebook, Anggota Dewan Independen Bela Mark Zuckerberg

Pimpinan anggota dewan independen Facebook Inc., Susan Desmond-Hellmann mengatakan Mark Zuckerberg adalah pemimpin yang tepat untuk mengatasi masalah kepercayaan pengguna di tengah masalah penyimpangan privasi baru-baru ini.
Aprianto Cahyo Nugroho | 03 Oktober 2018 07:45 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg bersaksi di depan sidang Komite Energi dan Perdagangan DPR AS mengenai penggunaan dan perlindungan data pengguna Facebook, di Capitol Hill di Washington, 11 April 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan anggota dewan independen Facebook Inc., Susan Desmond-Hellmann mengatakan Mark Zuckerberg adalah pemimpin yang tepat untuk mengatasi masalah kepercayaan pengguna di tengah masalah penyimpangan privasi baru-baru ini.

Dewan perusahaan telah menghadapi beberapa proposal pemegang saham yang akan melemahkan kekuatan Zuckerberg, baik dengan mencopotnya dari kedudukannya atau mengurangi kontrol voting.

Perusahaan telah menghadapi krisis demi krisis, mulai dari penyebaran misinformasi pada jaringannya hingga kebocoran data dan hengkangnya petinggi Instagram. Facebook pada hari Jumat mengumumkan peretasan data terburuknya, yang menyebabkan bocornya akses penuh akun pada sekitar 50 juta pengguna.

Desmond-Hellmann, yang merupakan chief executive officer dari Bill & Melinda Gates Foundation, mengatakan dalam wawancara Bloomberg Television bahwa Zuckerberg adalah pemimpin yang dapat beradaptasi yang dapat mengatasi masalah ini.

"Facebook sekarang memiliki sejumlah tantangan, dan saya memiliki banyak kepercayaan bahwa Mark sebagai CEO akan mendorong Facebook ke arah yang benar," katanya, seperti dikutip Bloomberg.

"Saya akan mendukung semua yang dia tulis dan kesaksiannya karena saya memiliki kepercayaan pada dia dan Sheryl (Sandberg) serta tim kepemimpinan untuk mendorong Facebook menjadi apa yang saya juga ingin Facebook menjadi perusahaan yang dipercaya," lanjutnya.

Awal tahun ini, Zuckerberg menghabiskan waktu berjam-jam memberi kesaksian di hadapan Kongres dan parlemen Eropa, menjawab pertanyaan tentang privasi data menyusul skandal yang melibatkan bocornya informasi pengguna ke Cambridge Analytica.

Dia meminta maaf atas kekeliruan itu dan mengatakan akan berupaya untuk mendapatkan kembali kepercayaan pengguna. Upaya tersebut terhambat oleh serangan pekan lalu, yang mengekspos kerentanan di perangkat lunak Facebook.

Desmond-Hellmann membandingkan tantangan Facebook saat ini dengan upaya perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan ponsel segera IPO pada tahun 2012.

"Peralihan dari desktop ke seluler membutuhkan dorongan dan kepemimpinan yang sangat besar dan perubahan besar untuk Facebook," katanya.

“Saya akan memberitahu Anda bahwa dengan bekerja dengan Mark dan mengetahui Mark sebelum saya bergabung dengan dewan, saya sangat terkesan dengan bagaimana ia tumbuh dan berkembang sebagai Chairman dan CEO,” lanjutnya.

Tag : facebook
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top